Rabu 19 Apr 2023 02:05 WIB

Muncul Merk Air Kemasan Bebas Gluten, Bentuk Penipuan Baru?

Melihat merek minuman kemasan itu, orang jadi penasaran apakah air mengandung gluten.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Merek Gluten Free Diet Water sengaja dipilih untuk tujuan promosi yang menyenangkan. Orang menjadi bertanya-tanya apakah air mengandung gluten.
Foto: Dok Gfdwater
Merek Gluten Free Diet Water sengaja dipilih untuk tujuan promosi yang menyenangkan. Orang menjadi bertanya-tanya apakah air mengandung gluten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di antara ratusan merek air minum kemasan, ada satu yang cukup menarik, yaitu air diet bebas gluten (Gluten Free Diet Water). Namanya menarik perhatian dan membuat orang bertanya-tanya, apakah ada alternatif bebas gluten untuk air biasa.

Jawaban sederhananya: Tidak. Namun, founder Gluten Free Diet Water Robert Boykin dan Lauren White yang dikenal sebagai Paman Bob dan Lolo, sengaja membuat merek itu untuk tujuan promosi yang menyenangkan.

Baca Juga

"Kami percaya bahwa ada dua hal dalam hidup yang Anda butuhkan: Anda tidak dapat bertahan hidup tanpa air, dan untuk kesehatan mental, Anda tidak dapat benar-benar bertahan hidup tanpa tertawa. Itulah sebabnya air kami menyediakan dua hal yang Anda butuhkan dalam hidup: air dan tawa," kata Boykin dan White, seperti dilansir Today, Selasa (18/4/2023).

Sekitar tiga tahun yang lalu, Boykin merenungkan ide untuk menciptakan merek ini ketika memikirkan tentang budaya diet. Dia memutuskan untuk mengembangkan ide tersebut dengan White, yang merupakan istri keponakannya.

"Cukup sederhana. Kami mencoba membuatnya tidak terlalu rumit ini hanya air, tidak seserius itu," kata Boykin.

Merek-merek air dalam kemasan yang trendi, yang dipasarkan dengan promosi menyenangkan serta sentuhan sustainable, telah bermunculan selama bertahun-tahun. Pada 2009, misalnya, Boxed Water Is Better memperkenalkan alternatif yang berkelanjutan untuk botol air plastik dengan desain karton kotaknya.

Lalu, pada 2019 ada juga Liquid Death yang dikenal dengan tagline "Murder your thirst" (bunuh rasa hausmu). Tahun lalu, merek ini bernilai 700 juta dolar AS atau sekitar Rp 10,3 miliar, menurut CNBC.

Gluten Free Diet Water juga ingin ikut serta dalam persaingan air kemasan trendi. Perusahaan ini cukup baru bagi publik. Awalnya dijual di hotel milik Boykin, The Pink Shell Resort, di Fort Myers, Florida AS.

Tampilan baru dan sumber airnya, Gunung Palomar di California Selatan, baru tersedia selama 13 bulan terakhir. Menurut White, dia baru meluncurkan situs web pada awal tahun lalu sebagai langkah nyata terjun ke dalam bisnis air kemasan.

"Dari bulan ke bulan, kami telah meningkatkan penjualan, namun baru dalam beberapa bulan terakhir ini semuanya benar-benar melonjak karena promosi yang sukses," kata dia.

Pemasaran dan nama dari merek itulah yang menarik perhatian para pembelinya. Namun, selain manfaat kesehatan alami dari air putih, air putih bebas gluten ini juga dapat menjadi pembuka percakapan yang baik.

"Setiap kali saya menunjukkannya kepada seseorang pasti mereka selalu tertawa," kata Boykin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement