Selasa 18 Apr 2023 17:19 WIB

Ingin Hubungan Seksual Lebih Berkualitas? Coba Berhenti Merokok

Merokok dan vaping bisa memengaruhi kesehatan seksual semua jenis kelamin.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Hubungan seksual (ilustrasi). Ada banyak manfaat kesehatan dari berhenti merokok, salah satunya adalah kehidupan seks yang lebih baik.
Foto: www.freepik.com
Hubungan seksual (ilustrasi). Ada banyak manfaat kesehatan dari berhenti merokok, salah satunya adalah kehidupan seks yang lebih baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak manfaat kesehatan dari berhenti merokok, salah satunya adalah kehidupan seks yang lebih baik. Ada hubungan antara merokok dan seks. Berbagai penelitian membuktikan hubungan antara merokok dan kehidupan seks yang terhambat.

Merokok menyebabkan terbentuknya radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada DNA sperma pria, sehingga menyebabkan perubahan pada parameter air mani seperti bentuk yang tidak normal, penurunan jumlah sperma, dan motilitas sperma yang berubah. Perokok berat di kalangan pria juga dapat menyebabkan jumlah sperma nol.

Baca Juga

Konsultan obstetri dan ginekologi, dr Mridula Raghav, mengatakan bahwa merokok, vaping, menghisap ganja bisa memengaruhi kesehatan seksual semua jenis kelamin. “Merokok dapat menyebabkan gangguan disfungsi seksual seperti disfungsi ereksi, masalah dalam mendapatkan ereksi dan menjaga penis tetap tegak, dan menurunnya keinginan untuk berhubungan seks. Merokok merusak saraf dan pembuluh darah yang membantu dalam mencapai ereksi,” kata Raghav seperti dilansir dari Health Shots, Selasa (18/4/2023).

Pada wanita, merokok menyebabkan berkurangnya cadangan ovarium, yang menyebabkan vagina menjadi kering dan sakit saat berhubungan seks. Hal ini juga menyebabkan libido rendah pada wanita. Namun, kabar baiknya adalah bahwa berhenti merokok dapat mengatasi sebagian besar masalah kesehatan seksual yang sering dihadapi.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan mengapa berhenti merokok akan menghasilkan hubungan seks yang lebih baik menurut dr Raghav:

1. Meningkatkan gairah seksual

Berhenti merokok dapat meningkatkan gairah seksual, nafsu makan, dan kepuasan yang lebih besar saat di atas ranjang. Penelitian yang menunjukkan bahwa pria yang tidak merokok melakukan hubungan seks dua kali lebih banyak dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang merokok.

2. Ereksi lebih cepat dan lebih kencang

Pria yang berhenti merokok terlihat mengalami ereksi yang lebih kencang dan lebih cepat. Nikotin yang ada dalam rokok menyebabkan kontraksi pembuluh darah dan membatasi aliran darah yang diperlukan untuk mempertahankan ereksi.

3. Peningkatan kinerja seksual

Pernahkah Anda mengalami penurunan gairah seksual yang drastis setelah merokok? Jika ya, maka merokok mungkin memengaruhi performa hubungan seks. Merokok menghambat kemampuan tubuh untuk membawa oksigen yang bertanggung jawab untuk memproduksi 90 persen energi kita. Merokok secara terus-menerus juga dapat menyebabkan hilangnya stamina dan sesak napas.

4. Meningkatnya kepuasan bagi Anda dan pasangan

Penurunan libido, dengan ketidakmampuan untuk terangsang, dapat menyebabkan kinerja seksual yang kurang optimal membuat Anda dan pasangan kurang puas. Jadi, untuk mendapatkan kehidupan seks yang menyenangkan, Anda dan pasangan harus berhenti merokok.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement