Rabu 19 Apr 2023 02:22 WIB

Ini Alasan Pemudik Memilih Kereta Api daripada Kendaraan Pribadi

Sejumlah calon penumpang kereta api terlihat mulai memadati Stasiun Gambir Jakarta.

Pemudik menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jumat (14/4/2023). KAI Daop 1 Jakarta mencatat per 14 April 2023 terdapat keberangkatan 12.700 pemudik dari Stasiun Gambir pada masa angkutan Lebaran 2023.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pemudik menunggu kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jumat (14/4/2023). KAI Daop 1 Jakarta mencatat per 14 April 2023 terdapat keberangkatan 12.700 pemudik dari Stasiun Gambir pada masa angkutan Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sejumlah calon penumpang kereta api dengan berbagai tujuan terlihat mulai memadati Stasiun Gambir Jakarta pada Selasa (18/4) siang dengan berbagai tujuan wilayah dalam rangkaian mudik H-4 menuju Idul Fitri 1444 Hijriah atau Lebaran 2023.

Salah satu calon penumpang kereta api, Iwan (51), mengaku sengaja memilih jenis transportasi tersebut untuk mendapatkan kenyamanan dalam perjalanan. Ia mengaku sempat mudik ke kampung halamannya di Solo pada tahun lalu dengan menggunakan mobil pribadi.

Baca Juga

"Tahun lalu juga mudik tapi pakai mobil. Wah, capek juga terutama saat harus kembali ke Jakarta. Kalau berangkat mungkin masih semangat ya, tapi pas pulangnya lumayan melelahkan. Makanya, saya pilih naik kereta api kali ini," kata Iwan kepada ANTARA, Selasa.

Meski tidak menemui hambatan kemacetan saat mudik dengan kendaraan pribadi tahun lalu, namun Iwan memutuskan untuk mengajak tiga orang anggota keluarganya kali ini untuk pulang kampung dengan memanfaatkan kereta api agar bisa menikmati momentum perjalanan.

 

"Santai, tinggal duduk dan melihat perjalanan. Kami juga berencana mampir dulu ke Semarang untuk berlibur karena istri belum pernah ke sana. Mungkin dua hari di Semarang, setelah itu lanjut ke Solo," papar Iwan yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di Jakarta selama 25 tahun.

Iwan mengungkapkan bahwa dirinya telah membeli tiket perjalanan kereta api sejak tiga pekan lalu melalui platform agen perjalanan secara daring. Ia juga menilai segala fasilitas dan pelayanan yang disediakan di Stasiun Gambir sudah sangat baik.

"Alurnya juga cukup jelas dari pintu masuk sampai ke peron, sehingga memudahkan calon penumpang," kata Iwan yang berencana akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan kereta api pada tanggal 2 Mei mendatang.

Sebagai informasi PT KAI Daop 1 Jakarta menyebutkan bahwa masa puncak arus mudik mulai terjadi pada hari ini. Sebanyak sekitar 23.700 penumpang diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan 32 KA yang beroperasi hari ini.

Sedangkan dari Stasiun Gambir, jumlah penumpang mencapai sekitar 18 ribu orang dengan layanan 38 KA beroperasi pada hari ini.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement