Kamis 20 Apr 2023 12:05 WIB

Jangan Lakukan Ini Jika Pesawat Alami Turbulensi, Bisa Berujung Fatal

Ada kalanya pesawat mengalami turbulensi selama penerbangan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Kursi pesawat (ilustrasi). Ada kalanya pesawat mengalami turbulensi saat penerbangan.
Foto:

Pesawat terbang saat ini dilengkapi dengan banyak peralatan teknologi. Ini dapat membantu mengenali saat penerbangan akan memasuki perjalanan yang tidak mulus.

Sementara itu, seorang pilot mengungkapkan reaksi yang Anda harus tunjukkan jika seseorang meminta untuk berpindah tempat duduk di pesawat. Ada banyak cerita daring tentang penumpang yang diminta pindah tempat duduk sehingga satu keluarga atau pasangan bisa duduk bersebelahan.

Menurut sang pilot, penumpang seharusnya mengamankan perjalanan udaranya dengan membayar ekstra untuk kursi yang diinginkan. Ia juga mengingatkan agar tak meminta bertukar kursi kalau tidak punya sesuatu yang bagus untuk ditawarkan ke penumpang lainnya.

"Nggak masuk akal kalau minta orang bergeser ke kursi tengah dari kursi lorong, kecuali Anda telah menyiapkan hadiah buat orang tersebut, misalnya cokelat yang dibeli di toko bandara," tuturnya.

Sang pilot menyebut penumpang berhak menolak permintaan bertukar kursi dan tak perlu merasa tak enak hati untuk berkata "tidak". Menurutnya, Anda bukan orang jahat karena mempertahankan kursi yang telah dipilih.

"Mereka hanya akan merasa kesal untuk beberapa saat ketika mendapat penolakan, mereka pasti bisa melaluinya," kata dia.

Menurut sang pilot, masuk akal untuk menolak, apalagi kalau posisi tempat duduknya tak nyaman, seperti di tengah, di penerbangan jarak jauh. Terlebih kalau Anda telah membayar ekstra untuk kursi tersebut.

Beralih ke isu keselamatan penerbangan lainnya, mantan pramugari Suwapich Wongwiriyawanich merupakan pilot wanita pertama Air Asia x Thailand dan lebih dikenal sebagai Captain Windy mengimbau semua penumpang untuk tetap duduk dengan sabuk terpasang setiap saat, bahkan ketika tanda sabuk pengaman tidak dinyalakan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement