Jumat 21 Apr 2023 12:05 WIB

Ide Wisata Alam di Jabodetabek Saat Lebaran

Ada lima rekomendasi dan ide wisata alam bersama anak-anak di Jabotabek.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengunjung beraktivitas di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia masih kerap menjadi tujuan wisata liburan termasuk saat Lebaran.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung beraktivitas di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia masih kerap menjadi tujuan wisata liburan termasuk saat Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wisata alam bisa menjadi pilihan untuk menikmati liburan saat Idul Fitri atau Lebaran. Jika Anda tinggal di Jabodetabek, Anda tak perlu jauh-jauh menikmati wisata alam.

Berikut lima rekomendasi dan ide wisata alam bersama anak-anak dalam kota Jabodetabek saat Lebaran:

Baca Juga

1. Little Venice Kota Bunga, Puncak

Tak perlu jauh-jauh ke Italia, jika kamu ingin menikmati pemandangan khas Kota Venesia, Italia. Dilansir laman Tiket.com, Anda bisa mengunjungi Little Venice Kota Bunga yang menyuguhkan pemandangan khas Kota Venice, lengkap dengan kanal dan perahu Gondola berdesain mirip seperti yang ada di kota aslinya. Meski didominasi arsitektur dan tata letak khas Venesia, lokasi wisata ini juga menyuguhkan beberapa replika ikon bangunan dari beberapa negara, yaitu replika Patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, hingga Kuil Itsukushima di Jepang. Little Venice Kota Bunga terletak di Cianjur, Jawa Barat.

 

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia, serta wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu (1880 - 1905). Dilansir laman Kebun Raya Id, ada banyak kegiatan dan spot yang bisa dikunjungi, yaitu taman durian, taman Nepenthes, griya anggrek, taman Meksiko, taman astrid, ecodome, taman kopi, taman akuatik, taman teijsmann, taman anggrek hitam, monumen Lady Raffles, taman Soedjana Kassan, taman bambu, taman orchidarium, museum zoologi, monumen Rainwardt, pemakaman kuno Belanda, monumen tugu dua abad, kolam gunting, monumen J.J Smith, taman obat, taman araceae. kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Juanda, Kota Bogor, Jawa Barat.

 

3. D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm berada di desa Pasirputih kecamatan Sawangan kota Depok. Lokasi yang hijau dan asri, membuat tempat itu terasa alami dan segar. Dilansir laman DKandang, nuansa alam yang masih kental dengan aliran sungai yang mengelilingi lahan pertanian yang menambah kesan natural. D’kandang dengan konsep Fresh Food From Farm For Family yaitu mengintegrasikan konsep pertanian dan peternakan mulai hulu hingga hilir.

Menghadirkan bagaimana pertanian dan peternakan diproses hingga hasil panennya yang siap konsumsi dengan menyuguhkan suasana yang hangat dan kekeluargaan. Sehingga tidak salah jika D’kandang menjadi tempat yang representatif sebagai wisata keluarga.

 

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Dilansir dari laman Taman Mini, taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat seluruh provinsi di Indonesia. Di tengah-tengah TMII, ada sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia, yang di tengahnya ada kereta gantung, berbagai museum, dan teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

 

5. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah salah satu wilayah administrasi yang berada di sebelah utara Kota Jakarta. Meski jumlah pulau yang ada sebenarnya tidak sampai seribu, wilayah ini memiliki sederet pulau-pulau indah dengan daya tariknya sendiri. Dilansir dari laman Pulau Seribu, pulau terdekat berjarak sekitar 45 km dari Kota Jakarta. Berikut hal-hal menarik yang dapat Anda lakukan di Pulau Seribu, wisata ilmu pengetahuan, wisata bawah laut, wisata budaya, wisata privat. Ragam pilihan wisata Pulau Seribu, seperti Tidung, Pari, Pramuka, Harapan, Bidadari, Pelangi, Sepa, Putri, Macan, Pantara, Bintang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement