Ahad 16 Apr 2023 13:15 WIB

Cara Cepat Turunkan Kadar Gula Darah Bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes harus memantau kadar gula darahnya secara rutin.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Alat pengecek kadar gula darah (ilustrasi). Pengidap diabetes perlu memantau kadar glukosa darahnya secara rutin.
Foto: www.freepik.com
Alat pengecek kadar gula darah (ilustrasi). Pengidap diabetes perlu memantau kadar glukosa darahnya secara rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Deborah Lee dari Dr Fox Online mengatakan kadar glukosa darah bisa di luar kendali karena berbagai alasan. Ini bisa terjadi akibat makan terlalu banyak karbohidrat, stres, terlalu banyak minum alkohol, atau lupa minum obat.

Lee menyarankan agar pengidap diabetes selalu memantau kadar glukosa darahnya secara rutin. Mereka perlu mengambil tindakan tepat jika kadar gula darahnya terlalu tinggi atau rendah.

Baca Juga

"Jika glukosa darah Anda 15mmol/L atau lebih, Anda perlu mengambil tindakan segera untuk mencegah timbulnya ketoasidosis," kata Lee.

Lee mengingatkan orang untuk selalu mengikuti rencana perawatan mereka. Sejumlah pengidap diabetes mungkin diberikan insulin ketika mereka memiliki kadar glukosa tinggi.

 

"Ini akan bekerja sangat cepat, dalam waku 15 menit. Tapi periksa kembali kadar glukosa Anda dalam 15-30 menit setelahnya untuk memastikan tidak turun terlalu rendah," ujar dia.

Selain insulin, Lee menyebut olahraga juga dapat menurunkan kadar glukosa darah. Efek penurunan glukosa dari olahraga berlanjut selama 24 jam setelah selesai. Namun, olahraga harus dihindari jika terdapat keton dalam urine yang dapat menjadi keadaan darurat medis.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement