Kamis 13 Apr 2023 20:48 WIB

Stunting Jadi Masalah Gizi Terbesar pada Balita di Indonesia

Pengentasan stunting terganjal kurangnya tingkat kesadaran akan bahaya tengkes.

Petugas mengukur tinggi badan anak. Orang tua harus mengoptimalkan kejar tumbuh pada anak di atas usia satu tahun dengan memberikan formula makanan padat nutrisi untuk mencegah stunting.
Foto:

Dengan urgensi yang begitu besar, Hasto meyakini Indonesia mampu memperkuat sinergi dan kolaborasi lintas kementerian/lembaga, lintas sektor serta dari pemerintah pusat ke tingkat daerah, implementasi dari intervensi spesifik maupun sensitif bisa diberikan secara tepat sasaran. Dalam kesempatan tersebut, Hasto berharap semua pihak memiliki kesadaran penuh bahwa stunting dapat menggerus kualitas generasi bangsa.

Hasto kemudian mengingatkan tentang arahan Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.  Ia pun mendorong multi sektor untuk melakukan aksi nyata sebagai bentuk kontribusi terhadap percepatan penurunan angka stunting, yang kini mulai turun signifikan di Indonesia.

"Sejak tahun 2020 hingga 2022 kasus stunting berangsur turun, hingga saat ini berada pada angka 21,6 persen dari jumlah balita di Indonesia. Hal ini membuat saya optimistis bahwa dengan gotong royong dan keterpaduan kita akan mampu menurunkan kasus stunting sesuai harapan Bapak Presiden," kata Hasto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement