Jumat 07 Apr 2023 09:17 WIB

Studi: Polusi Udara Bisa Pengaruhi Kemanjuran Vaksin Covid-19

Polutan udara telah terbukti mempengaruhi respons kekebalan tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Polusi udara menyelimuti di Bangkok, Thailand, Jumat (27/1/2023). Menurut studi di Spanyol, polusi udara pengaruhi efikasi vaksin Covid-19.
Foto:

Respons IgG setelah dosis pertama memuncak pada peserta yang terpapar tingkat polusi udara yang lebih tinggi, dan tingkat IgG yang lebih rendah bertahan selama beberapa bulan setelah vaksinasi. Hasilnya serupa untuk ketiga vaksin tersebut.

Penelitian ini tidak melihat apakah penurunan respons antibodi menyebabkan peningkatan risiko infeksi terobosan dan tingkat keparahannya. Namun, temuan ini memperkaya bukti tentang dampak buruk polusi udara bahkan pada tingkat yang relatif rendah yang diamati di Eropa Barat.

"Adapun peran paparan jangka panjang terhadap polusi udara pada kekebalan hibrida (infeksi plus vaksinasi) perlu diselidiki lebih lanjut," tambah peneliti.

Polutan udara telah terbukti mempengaruhi respons kekebalan tubuh. Studi sebelumnya menemukan bahwa polutan udara telah dikaitkan dengan hasil kesehatan yang merugikan, termasuk kanker paru-paru, penyakit kardiovaskular dan pernapasan, dan diabetes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement