Selasa 04 Apr 2023 15:13 WIB

Ngotot Semua Harus Sempurna, Bisa Jadi Anda Kena Sindrom Wanita Super, Cek Ciri-cirinya

Pahami bahwa tidak mungkin seseorang menjadi sempurna dalam segala hal.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang wanita berusaha untuk mencapai kesempurnaan di semua bidang kehidupannya. Jika mengalami hal ini, bisa jadi Anda mengalami superwoman syndrome (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Seorang wanita berusaha untuk mencapai kesempurnaan di semua bidang kehidupannya. Jika mengalami hal ini, bisa jadi Anda mengalami superwoman syndrome (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang wanita bisa memiliki banyak peran di antaranya seorang ibu rumah tangga, karyawan, dan istri. Terkadang, sulit untuk menyesuaikan kecepatan terutama di dunia modern saat tugas tidak ada habisnya.

Tak heran, wanita terkadang harus bekerja sangat keras untuk mengatur segala aspek kehidupan hingga mereka kelelahan dan kehabisan tenaga. Sindrom wanita super (superwoman syndrome) mengacu pada fenomena saat seorang wanita berusaha untuk mencapai kesempurnaan di semua bidang kehidupannya. Namun, ini berakhir kewalahan dan sangat stres.

Baca Juga

Mereka mengabaikan kebutuhan pribadi dan mungkin menderita kelelahan kronis, kecemasan, depresi, susah tidur, dan sering sakit kepala. “Upaya tanpa henti untuk kesempurnaan ini dapat berdampak buruk pada kesejahteraan wanita secara keseluruhan,” kata psikoterapis dr Chandni Tugnait.

Berikut tanda-tanda umum sindrom wanita super dikutip laman Hindustan Times, Selasa (4/4/2023):

-Kelelahan kronis

-Insomnia dan gangguan tidur lainnya

-Sering sakit kepala atau migrain

-Kecemasan dan depresi

-Sulit berkonsentrasi dan mengambil keputusan

-Ketidakmampuan untuk bersantai dan menikmati waktu senggang

-Mengabaikan kebutuhan pribadi, termasuk perawatan diri

 

Ada beberapa untuk mengatasi sindrom ini:

1. Prioritas

Kenali area kehidupan yang paling penting bagi Anda dan fokuslah pada area tersebut. Sangat penting untuk menyadari Anda tidak dapat mencapai kesempurnaan dalam setiap aspek kehidupan dan tidak apa-apa melepaskan beberapa tanggung jawab.

2. Ekspektasi yang realistis

Pahami bahwa tidak mungkin menjadi sempurna dalam segala hal. Tetapkan harapan dan tujuan yang realistis untuk diri Anda dan jangan mencaci diri sendiri karena tidak sempurna.

3. Belajar mengatakan tidak

Anda tidak dapat mengakomodasi keinginan atau tuntutan setiap orang. Bersikap tegas dan katakan tidak bila perlu. Ini akan membantu mengurangi beban kerja dan tingkat stres Anda.

4. Pembagian tugas

Anda tidak harus menanggung beban menyelesaikan semua tugas sendiri. Jangkau sistem pendukung Anda, termasuk teman, keluarga, dan kolega.

5. Prioritaskan perawatan diri

Luangkan waktu untuk merawat kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Manjakan diri dalam aktivitas yang memberi Anda kegembiraan dan relaksasi, seperti melakukan hobi, menghabiskan waktu bersama orang tersayang, atau berlatih latihan mindfulness.

6. Mencari bantuan profesional

Jika Anda merasa kesulitan untuk melepaskan diri dari sindrom wanita super dan efek negatifnya pada kesehatan Anda, jangan ragu untuk mencari bimbingan dari ahli kesehatan mental.

“Sangat penting bagi wanita untuk mengenali harapan yang dipaksakan dan efek buruk yang mereka miliki. Dengan mengambil langkah-langkah untuk mengelola sindrom wanita super, wanita dapat memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan mereka dan menjalani kehidupan yang lebih memuaskan,” kata Chandni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement