Jumat 31 Mar 2023 23:55 WIB

Tren Kecantikan 2023: Tak Sekadar Glowing, Masyarakat Juga Ingin Punya Kulit Sehat

Sudah banyak masyarakat yang sadar akan kesehatan kulit.

Perempuan dengan kulit wajah  sehat ilustrasi). Tahun 2023, masyarakat cenderung melakukan perawatam yang bisa menghasilkam kulit wajah sehat.
Foto: www.freepik.com
Perempuan dengan kulit wajah sehat ilustrasi). Tahun 2023, masyarakat cenderung melakukan perawatam yang bisa menghasilkam kulit wajah sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada 2023, masyarakat cenderung akan melakukan perawatan yang bisa menghasilkan kulit wajah sehat. Tak hanya itu, masyarakat juga akan fokus pada permasalahan kulit masing-masing.

Wakil Direktur Medis dan Pelatihan ZAP dr Dara Ayuningtyas mengatakan, standar tren hari ini adalah kulit sehat. Jadi, sekarang pasien sudah banyak yang sadar akan kesehatan kulit. "Bukan lagi kulitnya harus glowing (bercahaya) dan lain-lain," ujar Dara saat konferensi pers, JUmat (31/3/2023).

Baca Juga

Dokter saat ini juga lebih menganjurkan untuk mementingkan kesehatan kulit. Sebab dengan kulit yang sehat, maka wajah pun secara otomatis akan terlihat glowing dan cantik. Dara menjelaskan, kulit yang sehat memiliki pori-pori kecil, tidak ada warna kemerahan di wajah baik karena inflamasi atau karena faktor obat yang digunakan dan tidak ada flek kehitaman pada wajah juga.

"Jadi, otomatis, kulit yang sehat pada wajah akan menciptakan glass skin. Tujuannya adalah kulit sehat, pasti semuanya akan tercapai," kata Dara.

 

Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, Dara menganjurkan untuk merawatnya dari luar maupun dari dalam. Misalnya, perawatan kulit dari dalam bisa dengan cara alami seperti memperhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

"Dari dalam, itu pasti minumnya harus 8 gelas per hari ya minimal. Apalagi bulan puasa yang kita seharian itu nggak akan ada asupan minuman. Jadi, itu paling penting. Terus makanan itu harus yang tinggi serat, serta konsumsi buah-buahan yang antioksidannya tinggi," kata Dara menjelaskan.

Perawatan kulit dari luar bisa dilakukan dengan mengaplikasikan produk perawatan dan, yang tidak kalah penting, menggunakan tabir surya, meskipun berkegiatan di dalam rumah. Salah satu hal yang menyebabkan perlunya tabir surya saat berkegiatan di rumah adalah lampu LED yang terkadang mengandung sinar UV A dan UV B.

"Jadi, walau di rumah, tetap harus pakai (tabir surya). Setelah itu tambahkan moisturizer (pelembap). Lalu membersihkan wajah juga penting," ujar Dara.

Jika dirasa masih membutuhkan perawatan lainnya, masyarakat bisa menambahkan produk perawatan lainnya seperti serum dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing. Selain itu, masyarakat pun juga bisa melakukan perawatan di klinik-klinik kecantikan untuk hasil kulit sehat yang lebih maksimal.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement