Jumat 31 Mar 2023 19:02 WIB

Mau Tidur Malam Lebih Nyenyak? Coba Pakai Kaus Kaki

Penggunaan kaus kaki bisa membuat kaki terasa lebih hangat saat tidur.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tidur dengan mengenakan kaus kaki (ilustrasi). Tidur menggunakan kaus kaki dapat membuat lebih nyenyak.
Foto: Boldsky
Tidur dengan mengenakan kaus kaki (ilustrasi). Tidur menggunakan kaus kaki dapat membuat lebih nyenyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang ingin meningkatkan kualitas tidur pada malam hari mungkin perlu membiasakan diri menggunakan kaus kaki saat tidur. Kebiasaan ini bisa membuat orang-orang tertidur lebih mudah dan lelap.

Ahli tidur dan CEO MattressNextDay, Martin Seeley, merupakan salah satu ahli yang merekomendasikan kebiasaan menggunakan kaus kaki saat tidur. Seeley mengatakan penggunaan kaus kaki bisa membuat kaki terasa lebih hangat saat tidur.

Baca Juga

Kaki yang hangat bisa memberikan sinyal kepada tubuh bahwa sudah waktunya bagi tubuh untuk tidur. Sinyal ini bisa membuat pengguna kaus kaki untuk tertidur dengan lebih cepat.

"Dan merasakan tidur yang lebih dalam," jelas Seeley, seperti dilansir Mirror, Jumat (31/3/2023).

 

Tanpa kaus kaki, kaki bisa terpapar oleh suhu yang dingin. Saat kaki dingin, Seeley mengatakan pembuluh darah di area kaki akan mengalami vasokonstriksi atau menyempit. Dalam kondisi ini, orang-orang akan lebih sulit untuk tertidur atau tetap tertidur nyenyak tanpa gangguan.

"Menggunakan kaos kaki bisa membantu menjaga kehangatan kaki Anda, yang bisa memunculkan relaksasi dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk jatuh tertidur," kata Seeley.

Namun, Seeley menekankan bahwa efektivitas penggunaan kaus kaki saat tidur sangat dipengaruhi oleh preferensi tiap individu. Sebagian orang mungkin akan merasa tak nyaman bila tidur dengan kaus kaki sehingga memakai kaus kaki justru akan membuat proses tidur menjadi lebih sulit.

Bagi orang-orang yang tak suka menggunakan kaus kaki saat tidur, masih ada beberapa trik lain yang dapat membantu mereka tertidur lebih cepat dan nyenyak. Salah satu di antaranya adalah menerapkan jadwal tidur dan bangun yang rutin serta konsisten setiap hari.

Sangat dianjurkan pula untuk menghindari konsumsi kafein di malam hari agar terhindar dari kesulitan tidur. Tak jarang, penggunaan minyak esensial lavender pada alat air diffuser juga bisa membantu membuat tidur lebih nyenyak.

"Lavender memiliki sifat menenangkan dan menyejukkan serta bisa membantu memunculkan efek relaksasi dan tidur yang dalam," ujar Seeley. 

 

Sumber: https://www.mirror.co.uk/news/health/sleep-expert-says-should-wearing-29464355

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement