Jumat 31 Mar 2023 19:37 WIB

Meski 'Normal', Traveler Dilarang Bawa Benda-Benda Ini Masuk ke Amerika

Ada beberapa benda yang tampak biasa namun ternyata dilarang untuk masuk Amerika.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Cokelat (ilustrasi). Salah satu barang yang dilarang dibawa masuk ke Amerika Serikat adalah cokelat Kinder Eggs atau Kinder Surprise.
Foto: Reuters
Cokelat (ilustrasi). Salah satu barang yang dilarang dibawa masuk ke Amerika Serikat adalah cokelat Kinder Eggs atau Kinder Surprise.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para traveler yang berencana bepergian ke Amerika Serikat (AS) perlu lebih berhati-hati dalam memilih barang bawaan bila tak ingin diperiksa oleh bea cukai. Alasannya, ada beberapa benda atau makanan yang tampak biasa namun ternyata dilarang untuk masuk ke negara tersebut.

Seperti diketahui, pihak Customs and Border Protection (USBP) AS memiliki aturan yang sangat ketat mengenai benda yang boleh dan tak boleh dibawa masuk ke AS. Bila harus berurusan dengan petugas bea cukai di AS, traveler bisa menghadapi situasi yang cukup rumit.

Baca Juga

Agar perjalanan ke AS bisa berjalan lancar, traveler sebaiknya tak membawa beragam benda hingga makanan yang dilarang masuk ke AS. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir Best Life:

1. Cokelat

Karena praktis, banyak traveler bepergian dengan berbekal cokelat. Namun, tak semua cokelat diizinkan masuk ke AS. Membawa cokelat yang dilarang bisa membuat traveler tertahan sementara oleh petugas bea cukai AS.

Salah satu produk cokelat yang dilarang masuk ke AS adalah Kinder Eggs atau Kinder Surprise. Produk cokelat berbentuk telur dengan bagian tengah yang kopong ini sekilas memang tak berbahaya. Namun di tangan orang yang berniat buruk, produk cokelat ini bisa dimanfatkan untuk menyimpan barang selundupan.

2. Umbi tulip dan tanaman lain

Traveler juga perlu berhati-hati bila ingin membawa tanaman, khususnya umbi tulip, masuk ke AS. Umbi tulip yang boleh masuk ke AS hanya umbi tulip yang disimpan dalam pembungkus khusus dan terbukti sudah diinspeksi dan mendapatkan izin untuk dibawa dalam perjalanan.

Aturan serupa juga verlaku untuk berbagai tanaman lain yang berasal dari negara di luar AS. BIla kedapatan membawa umbi tulip atau tanaman lain yang tak berizin, tanaman-tanaman tersebut bisa disita karena berisiko membawa hama atau penyakit.

3. Elektronik

Perangkat elektronik bawaan traveler bisa diinspeksi oleh petugas bea cukai bila erangkat elekteonik tersebut dinilai bisa disalahgunakan untuk aktivitas ilegal. Perangkat elekteonik juga dapat diinspeksi bila tak bisa diidentifikasi 

Beberapa perangkat elentronik yang dapat diisnpeksi adlaah sikat gigi elektronik atau kamera dengan baterai litium. Traveler juga harus membawa baterai cadangan laptop atau power bank di dlama tas jinjing bila tak ingin perangkat tersebut disita.

4. Kopi atau teh

Semua produk kopi atau teh dari luar As harus dilaporkan kepada pihak bea cukai sebelum turun dari pesawat. Alasannya teh atau kopi sering kali dibungkus dalam kemasan vakum dan terlihat mencurigakan.

Bila membawa kopi, sebaiknya hindari kopi dengan kemasan vakum dan pilih kopi dengan kemasan biasa. Pastikan kemasan kopi memiliki label yang jelas agar traveler tak diinspeksi oleh petugas bea cukai.

5. Suplemen serta obat resep dokter

Traveler yang harus membawa obat saat bepergian, hindari menaruh obat di dalam kantubng ziploc. Cara penyompanan seperti ini bisa membuat traveler mendapatkan flag dari petugas bea cukai. Akan lebih baik membawa obat dalam kemasan aslinya yang memiliki label jelas mengenai keterangan obat tersebut.

Bila tak memiliki kemasan orisinal obat yang dibawa, pastikan bawa kopi resep atau surat dari dokter. Jumlah obat yang dibawa juga sevaiknay tak melebihi cadangan untuk 90 hari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement