Selasa 28 Mar 2023 00:25 WIB

Anda Kena Diabetes Tipe 2? Hindari Jenis Roti Ini

Pengidap diabetes tipe 2 perlu cermat memilih roti untuk jaga kadar gula darahnya.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka jenis roti (Ilustrasi). Roti jenis gandum utuh, seperti whole rye, whole oat, serta whole wheat diketahui memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, cocok untuk pengidap diabetes tipe 2.
Foto: PxHere
Aneka jenis roti (Ilustrasi). Roti jenis gandum utuh, seperti whole rye, whole oat, serta whole wheat diketahui memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, cocok untuk pengidap diabetes tipe 2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roti tertentu ternyata bisa berdampak pada gula darah. Roti yang melalui banyak proses seperti white bread atau roti tawar dapat meningkatkan gula darah.

"Roti jenis gandum utuh, seperti whole rye, whole oat, serta whole wheat diketahui memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, dan oleh karena itu memiliki dampak yang lebih kecil terhadap gula darah," kata dosen senior di bidang nutrisi, makanan, dan ilmu kesehatan di Teesside University di Inggris, Dr Laura Brown, seperti dilansir Express, Senin (27/3/2023).

Baca Juga

Badan amal Diabetes UK mengatakan indeks glikemik (GI) berfungsi untuk memberi tahu apakah makanan meningkatkan kadar glukosa darah dengan cepat, sedang, atau lambat. Ini berarti indeks glikemik dapat berguna untuk membantu mengelola diabetes.

Indeks glikemik berkisar antara 0 hingga 100. Makanan dengan GI rendah diklasifikasikan dengan nilai 55 atau di bawahnya yang dapat mencakup beberapa roti gandum.

Dr Brown menyarankan untuk memilih roti yang mengandung sekitar 3 gram serat per potong. Meningkatkan jumlah serat dalam makanan dapat membantu seseorang mengelola diabetes.

Sementara itu, Diabetes UK juga menganjurkan untuk memilih karbohidrat yang mengandung gandum utuh. Contohnya, roti "wholemeal", "wholewheat", dan "wholegrain".

"Karbohidrat gandum utuh cenderung lebih tinggi serat dan lebih rendah GI, yang berarti mereka memiliki efek yang lebih kecil pada kadar glukosa darah Anda," jelas Diabetes UK.

The Federation of Bakers menyatakan bahwa roti tawar  mengandung banyak nutrisi dan sebenarnya mengandung lebih banyak kalsium daripada brown bread atau roti gandum.

"Orang-orang yang lebih memilih roti tawar tetapi khawatir tentang asupan serat mereka dapat mencoba jenis yang 'berserat tinggi'. Tetapi juga harus memastikan bahwa makanan mereka mengandung banyak buah dan sayuran dan makanan berserat lainnya seperti sereal untuk sarapan," kata lembaga tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement