Kamis 23 Mar 2023 17:30 WIB

Anak Mulai Belajar Berpuasa, Ayah-Ibu Jangan Lupa Beri Apresiasi

Anak bisa belajar berpuasa secara bertahap.

Anak belajar berpuasa (ilustrasi). Tidak ada patokan usia yang ideal bagi anak untuk mulai belajar berpuasa.
Foto:

Sementara itu, variasi pangan bisa menyesuaikan dengan ketersediaan di rumah. Untuk kebutuhan protein, sebagai contoh, anak bisa mengonsumsi sumber protein hewani tidak hanya dari daging melainkan juga dari telur.

Asupan gula yang dikonsumsi anak selama berpuasa juga perlu diperhatikan oleh orang tua guna mencegah risiko menderita penyakit diabetes. Apabila anak sudah didiagnosis mengalami gizi berlebih atau obesitas dan berisiko diabetes, Mulya menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah, terutama buah karena sudah menyimpan kandungan gula alami.

"Nggak usah diencerkan (menjadi jus buah). Tapi biasanya harus konsultasi sama dokter endokrin khusus diabetes. Mereka (anak dengan diabetes) tetap boleh puasa dan melakukan aktivitas normal, kok, tapi tetap nanti ada obat yang harus diminum," kata Mulya.

Selain itu, konsumsi susu secara berlebihan juga tidak dianjurkan pada anak diabetes. Sebaliknya, menurut Mulya, asupan susu justru menjadi penting dan dibutuhkan bagi anak dengan gizi kurang dan susah makan untuk menambah berat badan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement