Senin 20 Mar 2023 20:24 WIB

Gwyneth Paltrow Dijuluki 'Almond Mom' Oleh Warganet, Apa Sebab?

Gwyneth Paltrow sering membagikan cara perawatan kesehatannya di media sosial.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris asal AS, Gwyneth Paltrow, berpose di karpet merah 26th Annual ELLE Women di Hollywood Celebration, Beverly Hills, California, AS, 14 Oktober 2019. Paltrow dijuluki almond mom oleh warganet.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Aktris asal AS, Gwyneth Paltrow, berpose di karpet merah 26th Annual ELLE Women di Hollywood Celebration, Beverly Hills, California, AS, 14 Oktober 2019. Paltrow dijuluki almond mom oleh warganet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Gwyneth Paltrow diserang warganet setelah dia menceritakan rutinitas kesehatan dan pola dietnya yang ketat. Paltrow berbagi ritual kesehatannya dalam sebuah wawancara untuk podcast "The Art of Being Well".

Dalam podcast bersama pembawa acara Dr Will Cole, Paltrow mengaku menjalani puasa intermiten, makan kaldu dari rebusan tulang, dan mengikuti diet paleo dengan banyak sayuran. Aktris berusia 50 tahun itu juga berolahraga selama satu jam sehari dan menggunakan sauna inframerah selama 30 menit.

Baca Juga

Petikan wawancara itu kemudian viral di TikTok setelah diunggah pekan lalu, dan telah mengumpulkan 2,9 juta tampilan di akhir pekan kemarin. Paltrow juga menunjukan rutinitas kesehatannya tersebut melalui Instagram Stories.

Para warganet menyerbu akun media sosial Paltrow dan memberikan predikat "almond mom". Julukan itu turut mengabadikan "budaya almond mom".

 

Meskipun asal usul istilah "almond mom" tidak diketahui, tampaknya itu menjadi cara bagi pengguna TikTok untuk melabeli orang yang memiliki kebiasaan pola diet ketat. Sebelumnya, ada Yolanda Hadid yang dijuluki sebagai predikat serupa setelah bintang reality itu diketahui menerapkan pola diet tertentu terhadap putrinya, supermodel Gigi dan Bella Hadid.

Pada Juli 2022, pengguna TikTok @pattypopculture mengunggah video berjudul "5 Reasons Everyone Hates Yolanda Hadid". Dalam video itu, Yolanda mengklaim mendorong putrinya, Gigi dan Bella, untuk mengikuti pola diet ketat.

Yolanda juga membagikan cuplikan dari The Real Housewives of Beverly Hills. Di potongan video itu, Yolanda memberi tahu Gigi tentang sulitnya menghindari gula dan "makan salad setiap hari".

Dalam contoh lain, Gigi menelepon ibunya untuk memberi tahu bahwa dia hanya makan setengah porsi almond dan "merasa sangat lemah". Yolanda, yang merupakan mantan model, menyuruh putrinya hanya mengonsumsi beberapa almond dan menikmatinya.

Meski Yolanda menanggapi hujatan warganet dengan gurauan, video terkait dirinya telah memicu wacana yang lebih luas tentang bahaya budaya diet dan memutus siklus generasi. Istilah "almond mom" masih menarik perhatian sebelum rejimen Paltrow menjadi viral.

Media seperti Teen Vogue, BuzzFeed, dan Good Morning America bahkan pernah membahas arti dan dampak istilah tersebut pada awal tahun 2023. Sementara itu, tagar almondmom telah ditonton lebih dari 270 juta kali di TikTok.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement