Jumat 17 Mar 2023 17:25 WIB

Jangan Buru-Buru Minum Obat, Demam Ringan Bermanfaat untuk Kesembuhan

Demam ringan dapat bantu perangi infeksi lebih cepat daripada obat-obatan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Mengukur suhu tubuh (ilustrasi). Demam ringan tidak memerlukan obat. Tubuh dapat memulihkan sendiri dari infeksi yang menyebabkan kenaikan suhu badan.
Foto:

Para peneliti menemukan bahwa demam membantu membersihkan infeksi pada ikan dalam waktu sekitar tujuh hari. Itu adalah setengah dari waktu yang dibutuhkan hewan-hewan itu untuk tidak demam.

Selain itu, peneliti menyebut, demam juga membantu mematikan peradangan dan memperbaiki jaringan yang terluka. Meski begitu, peneliti mencatat bahwa keuntungan kesehatan dari demam alami bagi manusia masih harus dikonfirmasi melalui penelitian.

"Mengingat mekanisme yang mendorong dan mempertahankan demam dialami oleh hewan, masuk akal untuk memprediksi manfaat serupa akan terjadi pada manusia," kata Barreda.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang harus menolak untuk memperoleh obat demam yang dijual bebas, juga dikenal sebagai obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), ketika awal demam ringan. NSAID memang dapat menghilangkan ketidaknyamanan yang dirasakan dengan demam, tetapi penderitanya juga mungkin mendapatkan beberapa manfaat dari respons alami tubuh tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement