Jumat 17 Mar 2023 21:00 WIB

5 Bahan Alami yang Mudah Didapat, Manjur untuk Tangkal Penuaan Dini

Ada beberapa bahan alami yang lembut di kulit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Mentimun. Dengan kandungan airnya yang tinggi, mentimun sangat ideal untuk hidrasi kulit.
Foto:

Bakuchiol adalah bahan perawatan kulit yang semakin populer, yang berasal dari biji tanaman psoralea corlifolia. Rupanya, biji tanaman psoralea corlifolia telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan ayurveda India dan tradisional Cina.

Psoralea corlifolia memiliki antioksidan kuat membantu memperbaiki kerusakan. Ini adalah alternatif populer untuk retinol karena membantu meremajakan kulit dengan mendorong pergantian sel dan produksi kolagen, mengembalikan elastisitas dan kekencangan kulit, serta menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

"Psoralea corlifolia juga mencerahkan, memperbaiki tekstur, dan membuat kulit bercahaya," ujar dokter kosmetik dan ahli perawatan kulit, Bita Farrell.

Yang membuatnya berbeda dengan retinol, bakuchiol jauh lebih lembut. Sebagian besar jenis kulit tidak akan bertambah parah dengan menggunakannya.

Bita mengatakan studi klinis menemukan perbedaan yang signifikan dalam kemanjuran bakuchiol versus retinol. Yang tampak mencolok hanya tingkat iritasi yang jauh lebih sedikit dengan pemakaian bakuchiol alih-alih retinol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement