Jumat 17 Mar 2023 21:00 WIB

5 Bahan Alami yang Mudah Didapat, Manjur untuk Tangkal Penuaan Dini

Ada beberapa bahan alami yang lembut di kulit.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Mentimun. Dengan kandungan airnya yang tinggi, mentimun sangat ideal untuk hidrasi kulit.
Foto: pixabay
Mentimun. Dengan kandungan airnya yang tinggi, mentimun sangat ideal untuk hidrasi kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Industri kecantikan penuh dengan produk yang mengeklaim dapat membalikkan tanda-tanda penuaan dalam hitungan pekan. Namun, menurut salah satu ahli perawatan kulit, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami dalam rutinitas antipenuaan.

Pembersih dan pelembap tentunya tetap harus digunakan untuk mendukung rutinitas perawatan kulit secara keseluruhan. Sebab, produk tertentu dapat membantu memperkuat pelindung kulit, mempertahankan kelembapan, dan membuat kulit lebih kencang.

Baca Juga

Seorang dokter kulit dan peneliti klinis, Enrizza P Factor, mengatakan ada beberapa bahan alami yang lembut di kulit, yang harus disertakan dalam pembersih dan pelembap Anda. Ini adalah minyak kelapa, minyak zaitun, madu, lidah buaya, dan mentimun.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah emolien alami yang membuat kulit lembut. Vitamin E dalam minyak kelapa membantu mendukung pembentukan sel baru, sehingga mencegah kulit kendur. Minyak kelapa juga bagus untuk menghilangkan riasan, termasuk alas bedak yang membandel dan maskara tahan air.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya kaya antioksidan, tetapi juga tinggi vitamin E dan A yang penting untuk hidrasi kulit. Enrizza mengatakan bahwa menggunakan minyak zaitun pada wajah secara teratur dapat mengencangkan dan mengurangi kulit kendur.

Madu

Madu juga membantu melembapkan kulit, terutama kulit kering, serta sifat antijamur dan antibakterinya dapat membantu menjaga kebersihan kulit. Madu juga bagus untuk mengurangi kemerahan karena mengandung sifat antiinflamasi.

"Manfaat ini dapat membantu menunda kulit kendur, menjadikannya lebih halus dan lebih muda," kata Enrizza, dilansir Express, Jumat (17/3/2023).

Lidah Buaya

Lidah buaya bekerja secara ajaib pada kulit. Lidah buaya mengencangkan dan mengeratkan kulit berkat asam malatnya yang meningkatkan elastisitas.

Mentimun

Mentimun tidak hanya memiliki kandungan air yang tinggi yang berarti sangat ideal untuk hidrasi kulit, tetapi juga mengandung enzim yang disebut elastase. Enzim itu berkontribusi pada kulit yang sehat dan kencang, serta mendorong pembaruan sel dan penumpukan kolagen.

Pakar perawatan kulit itu merekomendasikan membuat masker wajah sendiri dari mentimun. Berikut caranya:

- Haluskan setengah mentimun yang belum dikupas sampai menjadi pasta encer.

- Saring airnya.

- Oleskan jus mentimun ke wajah yang telah dicuci.

- Biarkan masker menempel di kulit selama 15 menit sebelum dibilas dan dikeringkan.

photo
Infografis Lima Rahasia Mentimun Menurut Sains - (Republika)

Retinol vs Bakuchiol

Jika Anda mencari produk perawatan kulit dengan bahan yang lebih kuat, pertimbangkan retinol atau bakuchiol. Retinol adalah salah satu bahan perawatan kulit paling terkenal di industri kecantikan, yang  disebut juga vitamin A dan membantu perkembangan sel, serta pemeliharaan kulit. 

Retinol terutama digunakan untuk merawat kulit dewasa, tetapi ahli kecantikan menyarankan penggunaan retinol lebih awal untuk mendapatkan manfaatnya. Jika Anda sudah mencoba retinol tetapi terlalu keras untuk kulit, maka cobalah bakuchiol sebagai gantinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement