Rabu 15 Mar 2023 18:41 WIB

Sulit Menelan, Lansia Berisiko Tersedak, Begini Cara Memulihkan Kemampuan Otot Lehernya

Orang tua disarankan agar tidak terburu-buru saat makan.

Lansia sedang memegang gelas minuman. (ilustrasi). Lansia perlu melatih kemampuan menelannya.
Foto: www.freepik.com.
Lansia sedang memegang gelas minuman. (ilustrasi). Lansia perlu melatih kemampuan menelannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulit menelan bisa menjadi salah satu masalah kesehatan yang bisa dialami lansia. Ini terjadi akibat penurunan kekuatan otot lehernya, menurut dr Tirza Z Tamin SpKFR(K) dari Perhimpunan Osteoporosis Indonesia.

"Orang tua kita jangan buru-buru kalau makan. Hati-hati tersedak, nanti masuk ke paru-paru, bisa menimbulkan kematian," ujar dr Tirza dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

Kesulitan menelan terjadi akibat adanya penurunan massa otot leher berikut kekuatan ototnya. Dokter Tirza yang tergabung dalam Kelompok Staf Medis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RS Cipto Mangunkusumo itu mengatakan dokter dapat melakukan penilaian untuk melihat kekuatan otot leher lansia.

Nantinya, dokter bisa memberikan rekomendasi lansia untuk menjalani latihan menelan yang aman untuk menguatkan otot-otot leher. Seperti disiarkan WebMD, ada sejumlah latihan yang bisa dilakukan salah satunya dengan berusaha mengumpulkan air liur atau saliva di mulut ke tengah lidah, kemudian tutup rapat bibir dan telan semua air liur sekaligus seperti menelan minuman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement