Selasa 14 Mar 2023 06:41 WIB

Tidur tanpa Menghapus Makeup, Berbahayakah Bagi Kulit?

Ada pandangan berbeda dari dokter kulit soal kebiasaan tidur tanpa menghapus makeup.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Perlatan makeup (ilustrasi). Beberapa dokter menyampaikan pandangannya terkait kebiasaan tidak menghapus makeup sebelum tidur.
Foto: www.freepik.com
Perlatan makeup (ilustrasi). Beberapa dokter menyampaikan pandangannya terkait kebiasaan tidak menghapus makeup sebelum tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutinitas membersihkan wajah akan membantu jaga kesehatan kulit. Tapi bagaimana dengan mereka yang malas membersihkan wajahnya sebelum tidur?

Beberapa ahli dermatologi mengingatkan, kebiasaan ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit dan mata. Namun ada juga yang mengatakan tidur dengan makeup adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Mana yang benar?

Baca Juga

Pandangan umum menyebutkan, tertidur dengan makeup tidak baik untuk kulit, terutama jika kulit cenderung berjerawat atau sensitif. “Kulit dan mata kita yang halus akan menderita jika tidur dengan makeup,” kata ahli kulit yang berbasis di Miami, Florida, Amerika Serikat, dr Anna Chacon.

Meskipun hanya satu malam, itu bisa menghasilkan banyak masalah kulit yang merugikan. Chacon juga memaparkan kemungkinan masalah lain seperti lebih banyak garis halus dan kerutan, kulit tampak kusam, tidak cerah, pori-pori tersumbat, dan dehidrasi pada kulit.

Sama seperti jerawat yang bisa terbentuk saat minyak dan sel kulit mati terperangkap di bawah kulit, bintil di mata juga bisa terbentuk saat kelenjar minyak di dekat bulu mata tersumbat dan terinfeksi. Chacon mencatat, tertidur dengan makeup dapat meningkatkan peluang mengembangkan masalah mata seperti itu.

Dilansir laman Best Life, Sabtu (11/3/2023), ia mengatakan kebiasaan tertidur dengan makeup dapat mengiritasi mata dan mungkin merusak penglihatan. Kisah mengerikan datang dari seorang perempuan asal Australia, yang mengaku jarang mencuci maskara dari matanya saat hendak tidur.

Dia terbiasa langsung tidur dan itu dia lakukan setiap hari selama 25 tahun. Pada satu hari, ia menemukan pigmen telah berpindah ke kelopak mata atasnya. Kisah ini pertama kali dibagikan oleh jurnal medis Ophthalmology dan kemudian meluas ke Newsweek.

Meskipun tampaknya bijaksana untuk mencuci dan melembapkan wajah secara berkala, seorang dokter kulit mengatakan tidak ada bahaya jika itu tidak dilakukan sebelum tidur. Dia mengatakan, hanya ada satu konsekuensi tertidur dengan makeup, yaitu sarung bantal akan kotor.

“Ya, memang banyak dokter kulit yang mengatakan bahwa makeup yang dibiarkan di malam hari akan menyumbat pori-pori, menyebabkan keriput, atau menua pada kulit. Namun kenyataannya, tidak ada penelitian valid yang membuktikan kesimpulan tersebut,” ujar dokter kulit di Nyack, New York, Amerika Serikat, dr Fayne Frey, yang juga penulis buku The Skincare Hoax.

Wanita memakai makeup sepanjang hari tanpa masalah sama sekali, dan hanya karena Anda berbaring tidur pada malam hari, entah bagaimana makeup yang sama yang sebagian besar mungkin sudah luntur, menjadi semacam ancaman. “Jutaan wanita tidur setiap malam tanpa melepas makeup mereka,” kata dia.

Sarung bantal yang kotor mungkin memiliki efek merusak kulit jika dibiarkan cukup lama. Ini berarti mencuci lebih sering mungkin diperlukan jika berencana untuk melewatkan rutinitas perawatan kulit malam tanpa konsekuensi.

Tampaknya, kuncinya adalah memperhatikan apa yang cocok untuk Anda dan jenis kulit Anda. Dengan menggunakan pembersih dan pelembap yang lembut (setidaknya di sebagian besar waktu), maka seharusnya Anda dapat mempertahankan cahaya harian tanpa banyak gangguan saat rutinitas tiba-tiba berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement