Kamis 09 Mar 2023 22:37 WIB

Tim Kreatif Iwan Tirta Ciptakan Koleksi Terbatas Spesial Idul Fitri, Hanya Ada 25 Set

Koleksi terbatas Raya Collection 2023 jenama Iwan Tirta mengambil tema Pranargya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dalam koleksi Raya Collection 2023 dengan tema Pranargya diperagakan dalam show di ITPC Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Iwan Tirta Private Collection (ITPC) dalam koleksi Raya Collection 2023 dengan tema Pranargya diperagakan dalam show di ITPC Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan Idul Fitri selalu memiliki makna kebaikan yang beragam, mulai dari kemenangan hingga kembalinya seseorang pada kesucian. Ragam makna inilah yang diimplementasikan tim kreatif Iwan Tirta Private Collection (ITPC) ke dalam 25 limited Raya Collection 2023.

Mediterania dengan segala ciri khasnya, mulai dari motif hingga palet warna, menjadi sumber referensi yang diimplementasikan ke dalam 25 set koleksi busana untuk pria dan wanita tersebut. Koleksi tersebut dapat dijadikan sebagai pilihan gaya saat merayakan hari raya Idul Fitri mendatang.

Baca Juga

"Kami sudah dalam berapa tahun terakhir cukup konsisten untuk keluarin koleksi hari raya. Karena di Indonesia sendiri warga terbesarnya kan Muslim ya, dan permintaannya memang besar gitu," ungkap Head of Marketing ITPC, Rindu Melati Pradnyasmita, dalam peluncuran koleksi ini di Iwan Tirta Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Koleksi terbatas Raya Collection 2023 mengambil tema "Pranargya" yang diambil dari bahasa Sansekerta dan secara harafiah membawakan arti cinta tanpa batas. Diambil sebagai judul dalam koleksi ini, Pranargya diharapkan dapat menjadi simbol rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas segala karunia-Nya.

Rindu menjelaskan pihaknya sengaja mengambil inspirasi dari Mediterania karena terinspirasi dari pola geometrisnya. Pola khas Mediterania disinambungkan dengan stilisasi floral khas Iwan Tirta. Kepulauan dan lautan Mediterania dikenal sebagai kawasan perairan yang terletak di antara bagian dari tiga benua, yaitu Eropa, Afrika, dan Asia.

Beragam potongan koleksi, hadir dalam dominasi warna biru, krem, dan abu-abu, tetapi ada juga warna hitam klasik. Kombinasi motif dan warna itu diterjemahkan ke dalam beragam atribut dan cutting untuk menunjang gaya hidup modern dan dinamis, dengan tetap memperhatikan kesakralan hari raya.

Didominasi dengan motif bunga seperti bunga-bunga asal Bali, Raya Collection 2023 tidak memakai motif-motif keratin seperti lereng. Meski begitu, motif tersebut masih ada dalam koleksi reguler.

"Kami juga mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelanggan ya, untuk kepercayaan tertentu kan mereka tidak mau menggunakan motif yang ada gambar hewannya. Makanya di koleksi ini pun karena walaupun memang makhluk hidup juga, tapi maksudnya bukan hewan begitu," ucap Rindu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement