Kamis 09 Mar 2023 21:03 WIB

Bayi Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah Perlu Periksa Ginjal Sekali Setahun

Pemeriksaan rutin bantu cegah penyakit ginjal anak di masa depan.

Anak sakit (ilustrasi). Bayi-bayi dengan kondisi lahir prematur atau lahir denga berat badan kurang dari 2,5 kilogram biasanya memiliki jumlah sel ginjal yang lebih sedikit daripada bayi normal.
Foto:

Selain ginjal yang hanya ada satu, penyebab gangguan ginjal bawaan yang mungkin bisa terjadi juga termasuk ginjal yang kecil atau hipoplasia. Di samping itu, struktur ginjal juga bisa tidak normal atau displasia,hingga kelainan lain berupa sumbatan di saluran kemih.

Kelainan-kelainan struktural atau congenital anomalies of kidney and urinary tract itu bisa terdeteksi secara antenatal. Henny pun mengingatkan calon ibu untuk aktif menanyakan kesehatan janinnya saat konsultasi dengan dokter kandungan.

"Artinya, waktu ibu-ibu hamil kemudian dilakukan USG oleh dokter obgyn, jangan cuma nanya ini anaknya laki atau perempuan, nanya juga ginjalnya ada masalah atau tidak. Lalu air ketubannya cukup atau tidak, karena air ketuban itu adalah cerminan dari kemampuan janin untuk memproduksi air kencing," jelas Henny.

Selain gangguan struktural, penyebab paling sering gangguan ginjal pada anak ialah sindrom nefrotik atau kebocoran protein dari ginjal dalam jumlah banyak dan glomerulonefritis atau peradangan di dalam ginjalnya. Penyebab ini biasanya terjadi pada anak yang lebih besar, di atas enam tahun.

"Apakah tidak ada yang (penyebab gangguan ginjal) hipertensi atau diabetes melitus? Ada juga, jangan salah. Tapi memang proporsinya tidak sebanyak dua kelainan ini (gangguan struktural dan penyakit glomerular) untuk anak-anak," kata Henny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement