Kamis 09 Mar 2023 11:55 WIB

Musik dan Lagu Pengaruhi Perkembangan Psikologis Anak

Anak membutuhkan lagu yang tepat sesuai usianya.

Anak mendengarkan musik di aplikasi platform streaming (ilustrasi). Lagu-lagu anak masih sangat minim.
Foto: Republika/Prayogi
Anak mendengarkan musik di aplikasi platform streaming (ilustrasi). Lagu-lagu anak masih sangat minim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo menilai lagu anak memiliki dampak yang baik bagi perkembangan psikologis si kecil. Untuk itu, penting membiarkan anak-anak tumbuh sesuai usianya dengan ditemani lagu atau musik yang tepat.

"Yang jelas, pekerjaan rumah kita masih banyak untuk melindungi dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak, termasuk menyediakan pilihan musik dan lagu yang lebih ramah bagi mereka," kata psikolog dari Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia itu kepada Antara, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Anak-anak berkembang mengikuti tahapan usia dan pada setiap tahapan tersebut terdapat stimulasi yang tepat usia, termasuk pula dengan jenis-jenis lagu yang mereka dengarkan. Vera beranggapan saat ini musik dan lagu-lagu untuk anak-anak masih kurang sekali.

Anak-anak lebih banyak terbawa oleh lagu-lagu dan musik yang didengar di sekitarnya atau dari media sosial. Lagunya didominasi lagu dewasa.

"Hal yang dikhawatirkan adalah lirik yang berulang-ulang didengarkan atau dinyanyikan oleh anak-anak akan terinternalisasi di dalam benak mereka. Tentunya tanpa mereka memahami betul artinya," kata Vera.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement