Rabu 08 Mar 2023 03:14 WIB

Daftar Ramen Halal, Tinggal Pilih Mau di Restoran atau Masak Instan di Rumah

Sertifikasi halal bukan hanya terkait menu, melainkan juga sistem manajemennya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Ramen halal (ilustrasi). Ada beberapa restoran yang menjual ramen halal, yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda.
Foto: www.freepik.com
Ramen halal (ilustrasi). Ada beberapa restoran yang menjual ramen halal, yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar ramen di Indonesia semakin meningkat. Salah satunya ditandai dengan menjamurnya ramen instan maupun gerai-gerai dan restoran yang menawarkan kelezatan makanan tersebut.

Meski sudah banyak produk asal Korea ataupun restoran berkonsep Jepang yang menyediakan ramen, seorang Muslim perlu tetap berhati-hati memastikan kehalalannya. Beberapa waktu lalu, restoran RamenYa!, termasuk yang telah diumumkan mendapatkan sertifikasi halal MUI, menurut laman LPPOM MUI.

Baca Juga

Sertifikasi halal ditujukan bukan hanya terkait menu, melainkan juga sistem manajemen halal yang di dalamnya. Hal itu mencakup komitmen manajemen, prosedur, tim yang kompeten, pemahaman terhadap regulasi, dan sebagainya. Berikut beberapa restoran lain yang memiliki menu ramen yang diklaim halal:

-Restoran Seirock-Ya bisa ditemui di beberapa kawasan di Jakarta. Restoran ini telah mendapat sertifikasi halal MUI setelah tiga tahun pembukaan gerai pertamanya pada 2014.

 

-Restoran Jepang Yoshinoya telah memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia, yang menjadi bukti komitmen untuk memberikan kualitas makanan dan kebersihan bagi pelanggan pada 2017

-Kimukatsu, resto jepang milik Grup Boga mengumumkan telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI yang efektif sejak 2019.

-Jonkira memiliki sertifikat halal yang masih berlaku sampai 2025. Resto ini tersedia di kawasan Tebet, Bintaro hingga Depok.

-Gokana Ramen & Teppan, termasuk gerai favorit yang menawarkan aneka makanan Jepang dengan cita rasa Indonesia. Selain enak dan halal, Gokana juga tersebar di banyak tempat di luar Jakarta.

Jika sedang malas pergi ke luar rumah, Anda juga tetap bisa menikmati suguhan mi lezat. Belakangan ini, mi instan ala Korea sedang tren. Rekomendasi di bawah ini mungkin bisa menjadi alternatif bagi Anda:

-Samyang Hot Chicken Ramen Extreme

Mi instan ini termasuk yang mudah ditemukan di banyak minimarket. Mi Samyang sudah mencantumkan label halal MUI pada kemasannya.

-Nongshim Clay Pot Korean

Mi menggunakan kombinasi rasa sup ekstrak tulang dan daging sapi ini juga sudah bersertifikat MUI. Mi instan ini dilengkapi dengan beberapa sayuran kering seperti daun bawang kering, wortel kering, protein kedelai, dan kimchi kering

-Korean Bowl Jjangmyeon

Mi dengan saus kedelai hitam Korea ini telah mengantongi sertifikasi halal MUI. Mi dari Korea Bowl Jjangmyeon ini punya tekstur kenyal dan khas dari Korea, dibuat langsung oleh chef yang sudah berpengalaman selama 25 tahun sebagai koki Korea

-Mi instan Japchae

Produk ini menawarkan dua varian rasa yakni original dan spicy. Mi instan yang sudah dilabeli halal MUI dari Mamasuka ini dilengkapi dengan topping daun bawang dan wortel

-Gekikara

Gekikara merupakan rangkaian mi instan dari Nissin, merek makanan asal Jepang. Merek ini sudah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Selain nama-nama di atas, ada pula merek Nongshim Kimchi Ramyun, Pulmuone Non Fried Ramyun Noodle Tteokbokki, dan Jjampong Mie Seafood Pedas Korea, yang bisa menjadi pilihan bagi para pejuang halal.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement