Selasa 07 Mar 2023 19:05 WIB

Anak Obesitas, Ubah Dulu Pola Makannya Baru Ajak Olahraga

Mengubah pola makan jadi langkah pertama dalam penanganan obesitas pada anak.

Anak obesitas (ilustrasi). Dokter meminta anak yang mengalami obesitas tidak dianggap lucu karena itu adalah sebuah penyakit.
Foto:

Piprim mengakui, upaya untuk memutus pola makan anak yang gemar menyantap junk food dan minuman manis tidak mudah. Oni membutuhkan dukungan orang tua.

"Mungkin minuman manisnya diganti dengan pemanis non-kalori seperti stevia, yang sangat manis tetapi tidak ada kalorinya, bisa jadi alternatif pemanis untuk anak-anak yang obesitas. Bahkan anak yang tidak obes pun boleh juga pemanisnya pakai stevia," kata Piprim.

Dalam kesempatan itu, Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Muhammad Faizi SpA(K) berpesan agar ayah dan ibu mencegah anak terkena obesitas sedini mungkin. Kalaupun anak telanjur obesitas, maka memodifikasi pola makan anak dan pola hidupnya bisa dilakukan sehingga bisa mengurangi dampak dari obesitas.

Kriteria anak obesitas bisa diukur melalui kurva pertumbuhan yang memperhitungkan penambahan tinggi badan. Ini berbeda dari orang dewasa yang berpegang salah satunya pada nilai indeks massa tubuh (IMT).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement