Selasa 07 Mar 2023 04:15 WIB

Mengenal Karsinoma Sel Basal, Kanker yang Ditemukan di Dada Presiden AS Joe Biden

Sebelumnya, Ibu Negara AS Jill Biden juga memiliki lesi karsinoma sel basal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Presiden AS Joe Biden. Dokter kepresidenan AS menjelaskan jaringan kanker di dada Biden telah berhasil dibuang.
Foto:

Berbeda dengan jenis kanker kulit yang agresif, lesi karsinoma sel basal biasanya tak menyebar ke area tubuh lain. Meski umumnya bisa diobati, karsinoma sel basal bisa tumbuh jauh ke dalam kulit dan merusak saraf hingga pembuluh darah.

Bahkan, karsinoma sel basal yang dibiarkan tanpa diobati bisa memicu terjadinya disfigurasi, menurut American Academy of Dermatology Association. Terkait pengobatan, ada beberapa opsi yang bisa diberikan kepada pasien karsinoma sel basal.

Salah satunya adalah operasi untuk mengangkat area yang terjangkiti kanker. Besar atau kecilnya skala operasi akan bergantung pada ukuran lesi kanker.

Opsi lainnya adalah freezing atau pembekuan melalui prosedur bernama cryosurgery. Melalui prosedur ini, area kulit yang terkena kanker akan disemprotkan dengan senyawa yang sangat dingin, seperti nitrogen cair, dengan tujuan menghancurkan tumor kanker.

Terapi pengobatan lain yang juga dapat diberikan adalah terapi fotodinamik. Beberapa pasien juga mungkin akan diberikan obat topikal atau oles yang dapat diaplikasikan di rumah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement