Senin 06 Mar 2023 19:51 WIB

Hari Obesitas Sedunia, Dinkes DKI: Saatnya Kampanyekan Kembali Batas Konsumsi Gula

Kurangi konsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi.

Anak membeli jajanan minuman manis di Jakarta, Selasa (28/2/2023). Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), terdapat 1.645 anak di Indonesia yang menderita diabetes pada Januari 2023 atau meningkat 70 kali lipat sejak tahun 2010. Salah satu faktor pemicu itu adalah karena  jajanan manis yang sering dikonsumsi anak. Perlunya pendampingan dan pengawasan  orang tua terhadap anak untuk menjaga pola makan yang sehat dengan pembatasan konsumsi gula.
Foto:

Maxi mengimbau supaya obesitas diwaspadai oleh semua pihak. Hal itu dikarenakan obesitas mampu menjadi faktor risiko terhadap penyakit tidak menular, seperti diabetes, jantung, kanker, hipertensi, penyakit metabolik, dan non-metabolik.

"Obesitas juga menyumbang penyebab kematian tertinggi pada penyakit kardiovaskuler, penyakit ginjal, dan diabetes," katanya.

Menurut Maxi, Indonesia masih memerlukan upaya penguatan peran pengawasan di masyarakat. Peran itu diemban Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami ada pertemuan dengan BPOM setiap bulan terkait implementasi Permenkes ini, karena pengawasan ada di BPOM terkait standar GGL yang perlu dipatuhi," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement