Jumat 03 Mar 2023 15:49 WIB

Halal Food Center Kota Bogor Menarik Perhatian Investor Jepang

Ada dua investor potensial Jepang yang tertarik menggelontorkan dana.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Natalia Endah Hapsari
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku ada dua investor potensial Jepang yang diproyeksikan akan mengucurkan dana untuk program pembangunan Halal Food Center Kota Bogor.
Foto: Antara
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku ada dua investor potensial Jepang yang diproyeksikan akan mengucurkan dana untuk program pembangunan Halal Food Center Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR—Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku ada dua investor potensial Jepang yang diproyeksikan akan mengucurkan dana untuk program pembangunan Halal Food Center Kota Bogor. Bima menyebutkan dua potensial investor dari Jepang yang ditemui ialah Kajima Corporation dan Mitsubishi Logistic.

Bima Arya pun menawarkan  investasi senilai 16,8 juta dolar AS atau sekitar Rp 257,3 miliar pada keduanya.  “Salah satu program yang sedang kita akselerasikan adalah pembangunan Halal Food Center di wilayah Rancamaya, di atas lahan milik Pemkot Bogor seluas 9 hektare. Ini kita bermitra dengan IPB,” ujar Bima Arya di Tokyo, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Director Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Tokyo Muhammad Riffana itu, Bima Arya menjelaskan konsep Halal Food Center yang di dalamnya akan diisi oleh sentra UMKM hingga tempat wisata. Halal Food Center ini juga diproyeksikan menjadi destinasi dari turis yang berkunjung ke Kota Bogor.

Bima Arya pun mengaku terkejut ketika calon investor yang ditemuinya itu sudah mempelajari data-data seputar Kota Bogor sebelumnya. Termasuk mengapresiasi pertumbuhan ekonomi Kota Bogor pasca pandemi.

“Mereka ternyata sudah punya data-data. Saya cukup surprise juga, mereka tahu pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor di atas rata-rata Jawa Barat dan Nasional. Prospek ekonomi di Bogor sangat luar biasa, apalagi market-nya sangat besar,” katanya.

Di samping itu, Bima Arya juga melihat ada ketertarikan dari calon investor untuk menindaklanjuti pertemuan berikutnya di Kota Bogor. Ia berharap dari pertemuan ini akan ada tindak lanjut.

“Saya melihat bahwa ada ketertarikan dari mereka. Mudah-mudahan ada tindak lanjut. Bahkan, salah satu dari mereka akan segera mengunjungi Indonesia, khususnya ke Kota Bogor bulan depan,” kata dia.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bima Arya juga didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor Firdaus serta Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian Kota Bogor Atep Budiman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement