Kamis 02 Mar 2023 18:03 WIB

Siap Jualan Produk Ibu dan Bayi? Coba Dulu Trik Ini

Produk ibu dan bayi atau anak menjadi kategori yang paling diminati.

Pedagang menjual pakaian anak melalui siaran streaming di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta. Menurut pemilik toko, penjualan online menjadi alternatif  di tengah menurunnya penjualan secara langsung. Selain itu, sekitar 80 persen dari total omset penjualan dihasilkan melalui penjualan secara online. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pedagang menjual pakaian anak melalui siaran streaming di Pasar Tanah Abang Blok B, Jakarta. Menurut pemilik toko, penjualan online menjadi alternatif di tengah menurunnya penjualan secara langsung. Selain itu, sekitar 80 persen dari total omset penjualan dihasilkan melalui penjualan secara online. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Produk ibu dan bayi tampaknya akan terus dibutuhkan sehingga dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Platform belanja daring Tokopedia bahkan mencatat bahwa selama pada periode 1 Januari hingga 14 Februari 2023, produk ibu dan bayi atau anak menjadi kategori yang paling diminati.

Baca Juga

"Tokopedia mencatat beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di kategori Ibu dan Bayi, yaitu Bandar Lampung, Bandung Barat, Sukoharjo, Denpasar, hingga Makassar,'' kata Category Development (Mom and Baby) Senior Lead Tokopedia Ditra Putra Komala dalam keterangan resmi, Kamis.

Salah satu contoh pelaku usaha yang mengalami pertumbuhan penjualan dalam kategori tersebut adalah Gasol Organik dengan kenaikan transaksi hampir dua kali lipat selama Januari 2023 dibandingkan bulan sebelumnya, dan Ardenleon yang pertumbuhannya melonjak lebih dari 2,5 lipat.

Agar dapat mengikuti jejak Gasol Organik dan Ardenleon dalam berbisnis produk kebutuhan ibu dan bayi, berikut ini tips untuk Anda.

 

Pelajari produk yang paling laris

Di Tokopedia, pada awal tahun 2023, subkategori perawatan bayi, popok, makanan dan susu bayi, mainan dan aktivitas bayi, serta perlengkapan makan bayi menjadi yang paling laris di kategori Ibu dan Bayi.

Sementara di kategori Ibu dan Anak, produk terlarisnya adalah popok sekali pakai, susu untuk bayi di atas satu tahun, shampo dan sabun bayi, kapas dan tisu bayi, serta minyak telon.

 

Beri deskripsi produk dan foto yang lengkap

Jelaskan produk secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, diperuntukkan bagi anak usia berapa, kelengkapan, warna, bahan, cara perawatan hingga opsi layanan kurir, serta jadwal pengiriman. Informasikan juga sertifikasi yang telah didapatkan, misalnya label SNI untuk baju atau sertifikasi BPOM dan halal untuk makanan bayi.

Untuk foto, pastikan pencahayaan cukup dan gunakan background yang sederhana untuk menonjolkan kelebihan produk. Penjual juga bisa menyiapkan foto produk dari berbagai sisi hingga detail bahan produk.

 

Ikuti kampanye online

Penjual bisa memperluas jangkauan pasar lewat berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya lewat kampanye tahunan Tokopedia Parents Fair, yang tahun ini berlangsung hingga 3 Maret 2023. Pada kampanye tersebut, penjual bisa memberi lebih banyak penawaran menarik untuk pembeli, mulai dari flash sale, cashback, peluncuran eksklusif hingga live shopping.

 

Maksimalkan pemasaran lewat fitur beriklan otomatis dan live shopping

Manfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produk perlengkapan bayi dan anak yang dijual tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

 

Perluas jangkau pasar lewat layanan gudang pintar

Penjual bisa memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia untuk memperluas jangkauan pasar. Layanan tersebut memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah-wilayah dengan permintaan tertinggi.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement