Selasa 28 Feb 2023 14:59 WIB

Mengubah Gaya Pengasuhan untuk Generasi Alpha

Gaya pengasuhan cenderung berbeda untuk tiap generasi.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu bersama anak laki-laki dan perempuannya (Ilustrasi). Gaya pengasuhan Generasi Alpha berbeda dengan generasi sebelumnya.
Foto:

Orang tua generasi Y

Generasi Y, generasi orang tua yang baru muncul, mengasuh anak dengan cara yang berbeda dengan orang tua sebelumnya. Dibentuk di usia dua puluhan oleh teknologi, generasi orang tua ini beralih ke internet, bukan hanya untuk menjalin silaturahim dengan keluarga atau teman, tetapi juga saat mencari nasihat pengasuhan.

Itulah yang membuat mereka tahu lebih banyak tentang perkembangan anak daripada sebelumnya. Orang tua generasi baru ini mendokumentasikan kehidupan anak-anak mereka di media sosial bersama dengan aktivitas keluarga dan filosofi pengasuhan mereka.

Ayah Gen Y lebih cenderung melakukan pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak daripada di masa lalu, meskipun ibu masih melakukan sebagian besar pekerjaan itu. Orang tua Generasi Y memiliki posisi yang baik untuk membesarkan anak-anak yang berempati, holistik, dan memiliki pemahaman menyeluruh tentang masyarakat global dan beragam tempat mereka tinggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement