Senin 27 Feb 2023 04:00 WIB

Kondisi Kulit Bisa Jadi Pertanda Diabetes Tipe 2, Apa yang Harus Diperhatikan?

Gejala diabetes juga bisa terlihat di kulit.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pemeriksaan gula darah. Gejala diabetes juga dapat terlihat di kulit, salah satunya dengan kemunculan skin tag.
Foto: EPA-EFE/JAGADEESH NV
Pemeriksaan gula darah. Gejala diabetes juga dapat terlihat di kulit, salah satunya dengan kemunculan skin tag.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beragam kondisi pada kulit bisa menjadi pertanda adanya diabetes tipe 2. Salah satu kondisi kulit yang berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2 adalah kemunculan skin tag.

Skin tag adalah daging yang tumbuh di permukaan kulit dan memiliki bentuk menyerupai kutil. Namun, berbeda dengan kutil, skin tag memiliki permukaan yang halus dan lembut, serta seperti menggantung di kulit.

Baca Juga

Hubungan antara skin tag dengan diabetes tipe 2 disoroti dalam sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti asal Turki. Melalui studi ini, tim peneliti melakukan pemeriksaan darah pada 60 orang partisipan.

Seperti dilansir The Sun pada Ahad (26/2/2023), sebanyak 30 partisipan diketahui memiliki minimal satu skin tag. Studi yang telah dipublikasikan dalam BMC Dermatology ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki skin tag berisiko lebih tinggi terhadap gangguan metabolik, seperti obesitas dan tekanan darah tinggi.

Gangguan metabolik yang paling mungkin ditemukan terkait skin tag adalah diabetes tipe 2. Berdasarkan temuan ini, orang dengan skin tag dianjurkan untuk mewaspadai risiko diabetes tipe 2. Mereka juga disarankan melakukan pemeriksaan tekanan darah tinggi secara berkala.

Diabetes tipe 2 dan tekanan darah tinggi merupakan dua kondisi yang bisa saling memperburuk kondisi satu sama lain. Kedua penyakit ini juga dapat meningkatkan beragam risiko komplikasi bila tak dikelola, seperti gagal ginjal, kerusakan saraf, dan penyakit gusi.

Selain skin tag, ada beberapa kondisi lain di kulit yang juga bisa menjadi pertanda diabetes tipe 2. Berikut ini adalah enam kondisi pada kulit yang patut diwaspadai terkait diabetes, menurut ilmuwan Bruce Green:

1. Muncul patch atau bercak berwarna kuning atau cokelat di kulit.

2. Adanya area tertentu di kulit yang menjadi lebih gelap, seperti pada leher atau ketiak.

3. Muncul kulit yang menebal dan keras, khususnya pada jari tangan dan kaki.

4. Kemunculan lepuh atau sekumpulan lepuhan yang tiba-tiba.

5. Adanya skin spot, atau area kecil kulit yang menurun ke bawah namun sulit terlihat

6. Munculnya area kulit yang menjadi sangat kering dan gatal, terutama di tangan, kaki, serta siku.

National Health Service di INggris menganjurkan orang-orang untuk mewaspadai gejala lain dari diabetes tipe 2. Sebagian dari gejala awalnya adalah rasa haus yang berlebih, rasa lapar yang meningkat, serta frekuensi berkemih yang lebih sering, khususnya di malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement