Jumat 24 Feb 2023 23:47 WIB

Kawat Gigi Dinilai Sudah Kuno, Kini Memakai Aligners Jadi Tren Baru

Mempercantik gigi dengan kawat sudah kuno, kini tren bergeser dengan memakai aligners

Seorang perempuan menunjukkan aligners yang dipakainya. Mempercantik gigi dengan kawat sudah kuno, kini tren bergeser dengan memakai aligners.
Foto: Istimewa
Seorang perempuan menunjukkan aligners yang dipakainya. Mempercantik gigi dengan kawat sudah kuno, kini tren bergeser dengan memakai aligners.

REPUBLIKA.CO.ID, Teknologi sedang berkembang dengan cepat di berbagai macam industri, termasuk di industri ortodontik. Munculnya teknologi baru seperti clear aligners telah membuat cara lama merapikan gigi menjadi usang di kalangan masyarakat barat dan akan segera menyusul di Indonesia dan Asia Tenggara.

Ada sejumlah alasan mengapa kawat gigi menjadi kuno dan banyak orang beralih ke clear aligners untuk merapikan giginya mulai dari anak-anak umur 10 tahu hingga orang dewasa berumur 70 tahun ke atas.

Misalnya orthodontic clear aligners tiga kali lebih cepat dibandingkan kawat gigi. "Waktu perawatan kawat gigi memakan waktu rata-rata 12 hingga 24 bulan. Dengan Aligners kamu hanya membutuhkan waktu 2-6 bulan," kata drg. Ivan Liwu selaku OneSmile Aligners Dentist dalam rilisnya, Jumat (24/2/2023).

Clear aligners, seperti OneSmile Aligners, kata Ivan, dapat merapikan gigi lebih cepat dan lebih akurat dibandingkan kawat gigi konvensional. Hal ini terjadi karena teknologi yang digunakan, mulai dari pengambilan cetakan gigi dengan menggunakan 3D intraoral scanner dibandingkan dengan pengambilan cetakan tradisional menggunakan cetakan PVS.

Perencanaan perawatan Ortodontis kemudian mensegmentasi setiap gigi dan menciptakan pergerakan gigi yang akurat dari titik a ke b satu per satu untuk mencapai posisi yang direncanakan dibandingkan dengan kawat gigi yang hanya dengan kasat mata dilihat oleh praktisi dengan menggunakan pinset.

Selain itu, tidak perlu mengganti pola diet ketika menggunakan Aligners. Ini adalah manfaat dari clear aligners. "Walaupun kami mempromosikan semua pasien untuk makan makanan diet seimbang dan gula minimal, anda masih bisa makan makanan lainnya seperti buah-buahan, biskuit dan berbagai permen ketika melakukan perawatan Clear Aligners selama anda melepasnya ketika makan dan minum," kata dia.

Kelebihan lainnya, aligners juga tidak terlihat. Tidak ada yang tahu baik di sekolah maupun kantor, mulai dari teman-teman sampai keluarga besar bahwa anda sedang dalam perawatan merapikan gigi.

 

Aligners juga sangat nyaman digunakan dibandingkan kawat gigi. Tidak ada lagi mimpi buruk menggunakan kawat gigi logam yang bisa membuat iritasi bagian mulut Anda hingga membuatnya berdarah atau infeksi.

"Walaupun penggunaan Clear Aligners memerlukan waktu pakai 22 jam sehari untuk mendapatkan hasil maksimal, Clear Aligners sangat mudah untuk dilepas saat Anda makan ataupun membersihkan gigi. Anda juga masih bisa berolah raga dan bermain musik sambil merapikan gigi tanpa harus khawatir kawat gigi lepas," kata dia.

Terakhir, tidak perlu lagi kunjungan klinis gigi yang mahal untuk pengencangan kawat. Clear aligners adalah pilihan yang paling disukai orang dewasa yang sibuk, anak-anak, dan keluarga.

"Terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan dan selalu berpindah. Pasien yang menggunakan Clear Aligners tidak perlu lagi repot-repot datang ke dokter untuk penyesuaian kawat gigi," kata dia menegaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement