Jumat 24 Feb 2023 04:08 WIB

Tips Sehat Bagi Pria Usia 40-an, 3 Hal Ini Jangan Diabaikan

Usia 40 tahun merupakan tonggak penting dalam kehidupan seseorang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga (ilustrasi). Ada beberapa tips sehat bagi pria setelah berusia 40 tahun.
Foto: www.freepik.com
Olahraga (ilustrasi). Ada beberapa tips sehat bagi pria setelah berusia 40 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelum berusia 40 tahun, tubuh dapat mengatasi pola makan yang tidak teratur. Namun, pada usia 40 tahun, tubuh tidak dapat menangani kebiasaan tersebut lagi. Nantinya, kondisi tersebut dapat menyebabkan penyakit.

Usia 40 tahun merupakan tonggak penting dalam kehidupan seseorang. Seiring bertambahnya pengalaman dan kebijaksanaan, masalah kesehatan tertentu juga bertambah. Sebab, tubuh akan menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

Baca Juga

Ahli diet dan gizi di OZiva, Shikha Dwivedi, mengatakan setelah usia 40 tahun, tubuh tidak mampu mengatasi masalah kesehatan. Pria cenderung kehilangan massa otot dan menambah berat badan karena tubuh mulai memproduksi testosteron dengan laju yang menurun. "Dengan demikian, risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes menjadi perhatian utama bersama dengan tekanan darah dan kolesterol," kata Dwivedi.

Oleh karena itu, dia menyarankan beberapa tips sehat bagi pria setelah berusia 40 tahun. Ketiga hal ini sebagainya jangan Anda abaikan. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Kamis (23/2/2023):

1. Kurangi garam karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Tambahkan sayuran hijau dan segar ke dalam menu diet Anda. Hindari makanan olahan yang digoreng dan minuman yang sangat manis.

2. Pada usia 40 tahun, pria biasanya kehilangan 1-5 persen massa ototnya yang disebabkan oleh hilangnya fungsi sel otot secara bertahap. Cegah kehilangan otot lebih lanjut dengan stamina, energi, dan peningkatan metabolisme yang sangat dibutuhkan.

Perbaikan otot dengan mengonsumsi makanan kaya protein dan multivitamin setiap hari dapat memenuhi kebutuhan nutrisi holistik.

3. Menerapkan kesehatan holistik. Ini bisa dicapai dengan mengadopsi kebiasaan sederhana seperti makan bersih, termasuk suplemen nabati. Tidur yang cukup dapat membantu memenuhi pendekatan gaya hidup holistik di usia 40-an. Minum dua hingga tiga liter air setiap hari, aktivitas fisik 30 menit, dan mengelola tingkat stres bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan seiring bertambahnya usia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement