Jumat 24 Feb 2023 05:00 WIB

Minum Susu Bisa Turunkan Kolesterol, Jangan Salah Pilih Jenisnya

Mengonsumsi jenis susu yang tepat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Susu almond (Ilustrasi). Mengonsumsi jenis susu yang tepat bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.
Foto:

Susu Alternatif Almond

Susu almond biasanya hanya mengandung sekitar dua persen kacang almond. Oleh karena itu, konsumsi susu almond tak akan memberikan efek kesehatan bagi jantung yang setara dengan mengonsumsi kacang almond utuh.

Akan tetapi, susu almond bisa menjadi alternatif bagi orang-orang yang ingin membatasi asupan lemak jenuh, kalori dan protein. Alasannya, susu almond memiliki kandungan lemak jenuh, kalori, juga protein yang lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Susu Alternatif Kedelai

Mengacu pada studi, Taylor mengungkapkan bahwa protein kedelai memiliki manfaat bagi kesehatan jantung. Berdasarkan beberapa studi, konsumsi 15-25 gram protein soya per hari bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kandungan lemak dan protein dalam susu kedelai setara dengan susu sapi semi skim. Dalam keseharian, Taylor lebih merekomendasikan varian susu kedelai tanpa pemanis.

Susu Alternatif Santan

Santan dikenal memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi. Oleh karena itu, Taylor merekomendasikan orang-orang untuk tak konsumsi santan secara berlebihan.

Taylor mengatakan, ada dua alternatif produk yang lebih baik dibandingkan santan. Kedua produk tersebut adalah susu beras yang diperkaya dengan daging kelapa atau santan yang dicampur dengan air atau air kelapa. Kedua produk ini memiliki rasa seperti kelapa, tetapi dengan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Produk tersebut juga memiliki kandungan lemak dan kalori yang setara dengan susu sapi rendah lemak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement