Jumat 24 Feb 2023 04:00 WIB

Sakaratul Maut, Seperti Ini Rasanya Menurut Orang-Orang yang Pernah Nyaris Meninggal

Pengalaman mendekati kematian merupakan pengalaman yang mengubah hidup.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Anggota keluarga memegang tangan lansia (ilustrasi). Dokter yang mempelajari pengalaman orang-orang yang pernah mendekati maut meyakini kematian bukan akhir dari kehidupan.
Foto:

Dalam banyak kasus, para ahli mengatakan pasien yang mengalami NDE akan merasa sangat nyaman dan bebas dari rasa sakit. Anda mungkin juga mengalami sensasi meninggalkan tubuh, dengan beberapa orang dapat melihat tubuh fisik mereka saat melayang di atasnya.

Dokter Greyson sebelumnya menceritakan tentang pertemuan seram dengan seorang pasien yang meyakinkannya bahwa mungkin ada yang terjadi. Selama pelatihan psikiatrinya pada 1970-an, dr Greyson dihadapkan pada pasien yang "meninggalkan tubuh mereka" dan melihat serta mengalami hal-hal yang tidak dapat dijelaskan secara logika.

Dokter Greyson telah diminta untuk menemui pasien overdosis. Saat tiba di ruang gawat darurat, pasien tidak sadarkan diri sehingga Greyson tidak dapat berbicara dengannya.

Sebaliknya, dia berbicara dengan teman sekamarnya. Ketika pasien bangun keesokan harinya, dia mengingat percakapan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement