Kamis 23 Feb 2023 04:00 WIB

Buah Apel Bisa Bantu Cegah Lonjakan Gula Darah Setelah Makan, Triknya Seperti Ini

Pengidap diabetes kerap kesulitan mengelola kadar gula darah setelah makan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Buah apel kaya akan serat dan berkhasiat mencegah gangguan pencernaan. Buah apel juga bisa dikonsumsi pengidap diabetes 30 menit sebelum makan untuk mencegah lonjakan kadar gula darah.
Foto:

Hal ini sempat disoroti dalam sebuah studi yang dipublikasikan di British Medical Journal pada 2003. Studi ini menemukan bahwa konsumsi buah utuh yang lebih banyak, seperti blueberry, anggur, dan apel, berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Sebaliknya, konsumsi buah dalam bentuk jus yang lebih banyak berkaitan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi.

photo
Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Diabetes UK juga turut memperingatkan risiko diabetes tipe 2 di balik konsumsi jus buah. Menurut Diabetes UK, konsumsi tiga porsi jus buah per pekan bisa meningkatkan risiko diabetes hingga delapan persen.

Mengingat diabetes kerap terabaikan dan tak disadari penderitanya, orang-orang dianjurkan untuk mewaspadai beragam gejala diabetes. Gejala tersebut antara lain merasa sangat haus, berkemih lebih sering khususnya di malam hari, merasa sangat lelah, berat badan dan massa otot menurun tanpa sebab, gatal di sekitar area genital, luka sulit sembuh, dan pandangan kabur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement