Rabu 22 Feb 2023 17:02 WIB

Penderita Osteoporosis Jangan Sampai Jatuh, Akibatnya Bisa Fatal

Cegah jatuh dan patah tulang, usahakan agar rumah terkondisikan ramah bagi lansia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kaki penderita osteoporosis (Ilustrasi). Satu kali kejadian jatuh bisa mengakibatkan patah tulang pergelangan kaki pada penderita osteoporosis.
Foto:

Penanganan Cedera Tulang

Untuk penanganan pertama cedera, dr Astuti merekomendasikan untuk melakukan metode PRICE, yang merupakan akronim dari Protection, Rest, Ice, Compression, dan Elevation.

Protection artinya melindungi area yang cedera dengan alat, perban atau dekker. Rest artinya mengistirahatkan area yang sakit.

Lalu, Ice memberikan efek dingin ke area yang sakit guna membantu menurunkan suhu di sekitar jaringan yang mengalami cedera. Compression maksudnya memberikan penekanan kepada jaringan yang mengalami cedera.

Terakhir, elevasi, artinya meninggikan bagian yang mengalami cedera melebihi ketinggian jantung sehingga dapat membantu mendorong cairan keluar dari daerah pembengkakan.

"Tapi, jika 2x24 jam nyeri bertambah hebat, bengkak semakin besar, dan timbul kebiruan yang meluas, segera berkonsultasi ke dokter dan jangan diurut. Karena jika salah pijat bisa memperparah keadaan," kata Astuti.

Sementara itu, pengobatan untuk osteoporosis secara umum biasanya dilakukan dengan beberapa cara termasuk pengobatan rutin. Menurut dr Astuti, biasanya dokter akan meresepkan kalcium, vitamin D, dan bisphosphonate therapy. Penderita juga disarankan olahraga teratur, mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan mencegah terjadinya patah tulang pada lansia (fall prevention).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement