Kamis 25 Jul 2024 13:33 WIB

Ahli Ortopedi Minta Lansia Deteksi Dini Osteoporosis

Pelatihan tersebut berfokus pada peningkatan kesadaran tentang osteoporosis.

Pelatihan deteksi dini osteoporosis oleh Prof Dr dr Basuki Supartono
Foto: Dok Basuki Supartono
Pelatihan deteksi dini osteoporosis oleh Prof Dr dr Basuki Supartono

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Ahli ortopedi Prof. Dr. dr. Basuki Supartono, SpOT mengungkapkan, pentingnya deteksi dini dan langkah-langkah proaktif dalam mengelola osteoporosis. Dia mendorong masyarakat, khususnya para lansia, untuk mengadopsi kebiasaan yang lebih sehat dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan secara rutin untuk memantau kesehatan tulang mereka.

Hal tersebut dikatakan dosen tetap di Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta itu, saat mengadakan sesi edukasi pencegahan dan pengobatan osteoporosis. Acara yang diadakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa (24/3/2023) ini menarik perhatian 60 peserta yang terdiri dari pria dan wanita lanjut usia.

Baca Juga

Pelatihan tersebut berfokus pada peningkatan kesadaran tentang osteoporosis, suatu kondisi yang sangat mempengaruhi kesehatan tulang, terutama di kalangan lansia. Basuki yang juga aktif sebagai relawan kemanusiaan ini membagikan wawasan berharga tentang cara mencegah osteoporosis melalui nutrisi yang tepat, olahraga teratur, dan modifikasi gaya hidup. Basuki juga membahas opsi pengobatan terbaru yang tersedia bagi mereka yang sudah didiagnosis dengan kondisi tersebut.

Para peserta menunjukkan minat dan keterlibatan yang besar sepanjang acara, mencerminkan pentingnya topik tersebut. Sesi interaktif ini memungkinkan peserta untuk mengajukan berbagai pertanyaan dan berbagi pengalaman, menjadikannya sesi edukasi tersebut berjalan sangat informatif dan kolaboratif.

Acara ini ditutup dengan komitmen dari Basuki Supartono dan Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta untuk terus menyediakan edukasi semacam ini kepada masyarakat, dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan kesadaran publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement