Senin 20 Feb 2023 06:30 WIB

Okra Bantu Stabilkan Gula Darah, Bagus untuk Pengidap Diabetes

Okra merupakan buah yang sering dimasak sebagai sayur.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Buah okra. Okra mengandung jenis serat khusus yang tidak larut dan dapat membantu menstabilkan glukosa darah.
Foto:

Studi menemukan konsumsi okra selama delapan pekan menghasilkan penurunan yang signifikan pada model penilaian homeostatis glukosa plasma. Penelitian tersebut menunjukkan konsumsi okra dapat meningkatkan profil lipid serta penanda glikemik di antara pasien diabetes tipe 2.

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal yang sama pada 2022 membandingkan hasil dari dua kelompok yang terdiri dari 60 orang pengidap diabetes. Satu kelompok diberikan 1.000 mg kapsul okra secara oral setiap enam jam selama delapan pekan, sedangkan kelompok lain menerima kapsul plasebo dengan cara yang sama.

"Kadar fasting blood sugar (FBS) alias gula darah puasa, gula darah sewaktu, dan hemoglobin A1C (HgA1c) menurun secara signifikan pada kelompok okra dibandingkan dengan kelompok lain," ungkap peneliti studi.

Studi juga menemukan suplemen buah okra utuh memiliki efek antihiperglikemik yang menjanjikan bagi pengidap diabetes melitus tipe 2. Pasien diabetes bisa mendapatkan manfaatnya sebagai terapi tambahan di samping mengonsumsi obat lain, menurut studi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement