Ahad 19 Feb 2023 06:55 WIB

Rekomendasi Teh Herbal yang Punya Sederet Manfaat Kesehatan

Teh herbal dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
(Foto: ilustrasi teh chamomile)
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi teh chamomile)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh herbal telah berabad-abad digunakan sebagai pengobatan di berbagai masyarakat. Selain rasanya yang enak dan menghangatkan tubuh, teh herbal memiliki berbagai manfaat dan diyakini bisa memerangi berbagai masalah kesehatan.

Ahli gizi Nmami Agarwal termasuk pakar yang sepakat dengan konsumsi teh herbal untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan mental. Menurut Agarwal, banyak tumbuhan yang dapat diseduh bersama untuk membuat teh yang berdampak baik.

Baca Juga

"Teh herbal dapat memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti relaksasi dan menghilangkan stres, pencernaan yang lebih baik, tidur lebih nyenyak, meredakan sakit kepala, kesehatan jantung yang lebih baik, penurunan berat badan, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh," ungkap Agarwal.

Jika sedang kurang enak badan atau hendak melawan masalah kesehatan tertentu, tidak ada salahnya berikhtiar dengan minum teh herbal. Berikut lima teh herbal yang kerap direkomendasikan pakar untuk membantu meredakan berbagai masalah kesehatan, dikutip dari laman Eastern Eye, Ahad (19/2/2023).

Teh herbal yang bantu redakan masalah kesehatan.

1. Teh kamomil

Ketika sulit tidur, coba atasi dengan minum teh kamomil, yang sudah dikenal karena khasiatnya mendorong tidur lebih cepat dan lebih nyenyak. Teh kamomil diyakini bisa meredakan kecemasan, menurunkan kadar gula darah, mengurangi peradangan, dan menangkal gejala flu.

Pasalnya, teh kamomil mengandung antioksidan yang disebut apigenin, yang mengikat reseptor spesifik di otak sehingga meningkatkan perasaan tenang dan rileks. Itu sebabnya teh kamomil dapat membantu menyembuhkan insomnia dan menjadi obat yang efektif bagi orang yang berjuang dengan masalah tidur.

Disarankan minum teh kamomil sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Minuman ini dapat dibuat dengan menyeduh bunga kamomil dalam air panas selama dua sampai tiga menit, lalu saring dan teh kamomil sudah siap

2. Teh jahe

Ketika diseduh menjadi teh, jahe menjelma jadi minuman hangat dengan banyak manfaat kesehatan. Khasiat teh jahe meliputi peningkatan fungsi pencernaan, mengurangi mulas, peningkatan sirkulasi darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk yang sering merasa mual, minum teh jahe bisa menjadi solusi karena mengandung senyawa yang disebut 6-gingerol. Selain itu, teh jahe juga dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan dan membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit. Minum teh jahe di pagi hari. Cara membuatnya, rebus sepotong kecil jahe (kira-kira 1,5 sentimeter) selama beberapa menit, lalu saring.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement