Sabtu 18 Feb 2023 16:27 WIB

Kiat Aman Berpuasa Ramadhan untuk Ibu Menyusui

Ibu menyusui diminta tetap menjaga asupan gizi selama berpuasa Ramadhan.

Keringanan puasa bagi ibu menyusui. Ilustrasi
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Keringanan puasa bagi ibu menyusui. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis anak dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menilai ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan sebelum ibu menyusui memutuskan untuk berpuasa saat bulan Ramadhan. Dr Jeanne Roos Tikoalu menilai ibu yang sedang menyusui tetap bisa berpuasa saat bulan Ramadhan karena produksi air susu ibu (ASI) tidak bergantung pada banyak-sedikit makanan yang dikonsumsi.

"Produksi ASI bukan tergantung dari banyak sedikitnya ibu makan. Perlu diketahui filosofi bagaimana mempertahankan produksi ASI agar tetap terjaga," kata Jeanne, dikutip Sabtu (18/2/2023).

Baca Juga

Meskipun banyak-sedikit makanan tidak berpengaruh terhadap produksi ASI, kualitas ASI bisa dipengaruhi makanan yang dikonsumsi sang ibu. Jeanne menyarankan ibu yang menyusui tetap menjaga asupan gizi selama berpuasa Ramadhan.

"Kualitas ASI bisa tergantung dari konsumsi makanan ibu sehingga disarankan walaupun ibu berpuasa tetap usahakan makan yang beraneka ragam jenis dan rasanya. Kalau perlu ibu bisa minum vitamin mineral," kata Jeanne.

Menurut Jeanne, supaya produksi ASI tetap terjaga, ibu menyusui sebaiknyarutin mengeluarkan ASI dari payudara, baik denganmenyusui bayi secara langsung maupun dengan bantuan pompa ASI.

Dihubungi secara terpisah, dr Melanie Yudiana Iskandar, menyarankan ibu menyusui tidak berpuasa saat bulan Ramadhan jika bayi masih berusia di bawah 6 bulan karena masih dalam masa ASI eksklusif.

"Kalau dia bayi ASI eksklusif, masih di bawah 6 bulandan belum makan, masih sangat tergantung sama ibunyauntuk susunya dan nutrisinya. Saya tidak menyarankan untuk berpuasa," kata Melanie.

Ibu bisa mencoba berpuasa jika usia bayi sudah di atas 6 bulan dan sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Melanie juga mengingatkan jika bayi berusia 6 sampai 12 bulan masih membutuhkan ASI dalam jumlah yang banyak.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement