Rabu 15 Feb 2023 07:22 WIB

Mural Baru Banksy Soroti Kekerasan Terhadap Perempuan

Karya seni terbaru Banksy ini berjudul Valentine's day mascara.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nidia Zuraya
Sebuah karya seni baru oleh seniman jalanan Banksy, berjudul Valentine's Day Mascara di sisi sebuah gedung di Margate, Inggris, Selasa, 14 Februari 2023.
Foto: Gareth Fuller/PA via AP
Sebuah karya seni baru oleh seniman jalanan Banksy, berjudul Valentine's Day Mascara di sisi sebuah gedung di Margate, Inggris, Selasa, 14 Februari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, MARGATE -- Seniman jalanan Inggris Banksy mengkonfirmasi mural baru yang menunjukkan seorang ibu rumah tangga 1950-an dengan mata bengkak yang tampaknya mendorong seorang pria ke lemari es. Mural ini muncul hanya beberapa jam sebelum alat itu dilepaskan.

Karya seni yang Banksy berjudul Valentine's day mascara ini muncul di kota tepi pantai Margate, Inggris timur, pada Ahad (13/2/2023) malam. Subjek dan waktunya tampaknya menyoroti kekerasan terhadap perempuan.

Baca Juga

Banksy menawarkan sedikit petunjuk tentang karyanya di luar konfirmasi dari media sosial pribadinya. Artis Pete Brown sedang melukis adegan ketika freezer asli yang merupakan bagian integral dari mural telah diangkut pada Selasa (14/2/2023) pagi.

"Sebuah truk dewan muncul dan mereka mengambil freezer," katanya menggambarkan kendaraan tersebut memiliki lampu peringatan bahaya dan sangkar logam yang biasa digunakan untuk menghalau serangga.

Dewan Distrik Thanet mengatakan, grafiti itu ada di dinding properti milik pribadi. Namun freezer yang diyakini sebagai bagian dari instalasi itu telah dipindahkan oleh petugas dewan dengan alasan keamanan karena berada di tanah publik.

"Kulkas freezer sekarang disimpan dan akan dikembalikan setelah aman untuk umum. Kami akan menghubungi pemilik properti untuk membahas opsi melestarikan karya seni untuk distrik tersebut," ujarnya.

Penduduk lokal Lee Hilton mengatakan, menyukai seni dan sangat senang mural Banksy itu muncul. "Saya selalu berpikir mungkin seseorang akan memasang mural di dinding, tapi saya tidak pernah mengharapkan Banksy," katanya.

Hilton mengatakan, telah melihat sebuah van tiba pada Ahad malam dan menutupi daerah itu dengan terpal. Ketika dia bangun pada Senin, mural itu ada di sana.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement