Sabtu 11 Feb 2023 22:15 WIB

Cara Mencegah Kanker Kandung Kemih

Kanker kandung kemih menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai.

Rep: Dessy Susilawati/ Red: Muhammad Hafil
 Cara Mencegah Kanker Kandung Kemih. Foto:  Pita pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara (ilustrasi)
Foto: Republika
Cara Mencegah Kanker Kandung Kemih. Foto: Pita pink menjadi simbol kesadaran akan kanker payudara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kanker kandung kemih menjadi salah satu penyakit yang harus diwaspadai. Faktor gaya hidup tertentu dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih.

Ahli onkologi Petros Grivas, MD, PhD menjelaskan usia lanjut usia adalah faktor risiko yang signifikan untuk kanker secara umum. Paparan berulang terhadap faktor risiko, termasuk merokok, dapat mengakibatkan akumulasi perubahan genetik yang dapat berkontribusi pada perkembangan kanker kandung kemih.

Baca Juga

"Pria memiliki sekitar 1 dari 26 kemungkinan terkena kanker kandung kemih selama hidupnya," ujarnya seperti dilansir dari laman Eat This Not That, Sabtu (11/2/2023). Sedangkan risiko wanita adalah sekitar 1 dari 90.

Dr Grivas menambahkan risiko lebih tinggi untuk pria karena mereka lebih cenderung merokok tembakau atau terkena bahan kimia berbahaya. Profesi tertentu, seperti pemadam kebakaran, permesinan, dan pengemudi truk dapat meningkatkan risiko karena orang-orang dalam profesi ini memiliki lebih banyak paparan racun dan bahan kimia, merokok dapat meningkatkan risiko ini lebih lanjut.

Tingkat kesadaran dan keterlibatan masyarakat yang lebih tinggi dapat berkontribusi pada penelitian yang lebih efektif dengan perawatan baru yang bermakna dan obat penyelamat hidup.

Dr. Grivas merekomendasikan untuk tidak merokok, tetap terhidrasi dengan baik, makan makanan yang sehat dan melindungi dari paparan bahan kimia untuk membantu.

Mengobati kanker kandung kemih

Ada beberapa metode berbeda untuk mengobati kanker kandung kemih, tergantung pada stadium deteksi. Pembedahan untuk mengangkat sel tumor, kemoterapi untuk menghancurkan sel kanker, imunoterapi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan terapi radiasi menggunakan gelombang berenergi tinggi untuk membunuh sel kanker adalah metode pengobatan yang khas.

Penelitian baru yang menjanjikan menunjukkan pengobatan menggunakan konjugat obat antibodi dan penghambat pos pemeriksaan bisa menjadi alternatif yang sangat efektif bagi orang yang tidak dapat menjalani kemoterapi.

Meskipun kasus kanker kandung kemih menurun, angka kematian tidak berubah secara signifikan," kata ahli onkologi genitourinari Memorial Sloan Kettering Center (MSK), Jonathan Rosenberg.

Memiliki pilihan pengobatan baru ini sangat mencerahkan prospek bagi banyak pasien kanker kandung kemih. Sementara imunoterapi mendapat lebih banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, konjugasi obat-antibodi mungkin akan memberikan dampak positif yang lebih besar, setidaknya dalam waktu dekat.

"Munculnya penghambat pos pemeriksaan telah menjadi revolusi bagi beberapa orang yang menderita kanker kandung kemih yang sangat agresif dan mengancam jiwa," ujarnya.

Tetapi imunoterapi masih belum cukup berhasil pada pasien. Kita harus menemukan cara yang lebih baik untuk meningkatkan tingkat respons dan kelangsungan hidup. Bahkan jika penghambat pos pemeriksaan dan konjugasi obat antibodi tidak mewakili obat untuk kanker kandung kemih, apa pun yang dapat membantu orang hidup lebih lama atau menunda perkembangan penyakit, pengangkatan kandung kemih atau kemoterapi setelah operasi akan meningkatkan kualitasnya kehidupan."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement