Jumat 10 Feb 2023 19:05 WIB

Cegah Diabetes, Coba Kunyah Makanan dengan Perlahan!

Kebiasaan itu bisa melawan diabetes dan penyakit jantung.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Air liur mengubah rasa makanan menjadi lebih enak. (ilustrasi). Mengunyah makanan dengan perlahan dapat membantu melawan diabetes dan penyakit jantung.
Foto:

Rekomendasi Gartner untuk mengunyah perlahan didasarkan pada teori pelopor medis abad ke-20, Franz Mayr. Mayr adalah seorang dokter Austria yang percaya bahwa kesehatan umum yang baik terkait dengan usus dan pasien dapat diobati dengan menjaganya agar tetap dalam kondisi yang baik.

Dahulu, Mayr bahkan menjalankan sesi pelatihan teknik mengunyah untuk mengajarkan orang-orang makan lambat. Gartner setuju dengan itu. Sebab, bila seseorang tidak mengunyah dengan benar, usus harus mencerna makanan lebih berat dan gas jadi kian menumpuk. Ketika seseorang mengunyah 30 kali, ada lebih banyak kemungkinan enzim air liur melakukan tugasnya.

"Idenya (Mayr) adalah bahwa usus adalah pusat tubuh kita. Terbukti bahwa dia benar. Segala sesuatu di tubuh kita secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan usus kita,\" ungkap Gartner, dikutip dari laman Express, Jumat (10/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement