Jumat 10 Feb 2023 16:53 WIB

Betulkah Punya Anak Malah Bikin Stres? Sains Ungkap Sebaliknya

Memiliki anak justru ada manfaatnya untuk kesehatan fisik dan mental orang tua.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang anak perempuan tersenyum saat digandeng ayah dan ibunya. (ilustrasi). Memiliki anak ternyata mendatangkan manfaat tersendiri bagi orang tua.
Foto:

4. Hidup lebih lama

Memiliki anak dapat membuat Anda hidup lebih lama. Sebuah penelitian di Australia pada 2012 mengikuti penduduk sebuah kota kecil di pedesaan selama lebih dari 16 tahun.

Seperti dilansir Healthline, penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat sedikit peningkatan risiko kelebihan berat badan, diabetes, atau hipertensi, ibu yang pernah melahirkan mengalami penurunan risiko kematian selama masa penelitian. Penelitian ini menunjukkan risiko kematian yang lebih rendah lagi pada perempuan yang memiliki lebih dari empat anak.

Alasan dari efek ini belum sepenuhnya dipahami. Akan tetapi, penelitian lain di Israel dan Norwegia menunjukkan hasil yang serupa.

5. Otak makin berkembang

Tentu saja, Anda mungkin mengalami ketidakjelasan mental dalam beberapa bulan pertama dengan bayi yang baru lahir. Kondisi ini kerap disebut "mommy brain".

Meski kehidupan awal dengan bayi cukup menantang, penelitian di Kanada menunjukkan bahwa otak ibu mungkin benar-benar tumbuh dengan setiap kelahiran anak. Hippocampus, bagian otak yang bertanggung jawab atas memori spasial dan pembelajaran, sebenarnya bertambah besar selama kehamilan dan menjadi ibu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement