Jumat 10 Feb 2023 04:10 WIB

Diare Nokturnal Termasuk Gejala Dabetes, Tanda Gula Darah Sudah Lama Tinggi

Kadar gula darah tinggi berkepanjangan, orang bisa menderita diare nokturnal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Diare nokturnal alias diare pada malam hari bisa mengusik orang yang kadar gula darahnya tinggi berkepanjangan.
Foto:

Semua masalah ini cenderung meningkat ketika kadar gula darah dalam tubuh tinggi. Oleh karena itu, praktisi medis yang ingin mendiagnosis penyakit tersebut harus dipandu.

Meskipun neuropati otonom dianggap sebagai risiko diabetes jangka panjang, pasien dengan pradiabetes juga berisiko. Pada pradiabetes, kadar gula darah sedikit lebih tinggi dari normal, namun belum cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes.

Kenaikan kadar gula darah pada tahap awal ini dapat mendorong perkembangan komplikasi lain seperti resistensi insulin. Insulin sangat penting untuk membantu tubuh memindahkan glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel untuk digunakan tubuh sebagai energi.

Oleh karena itu, mendeteksi penyakit pada tahap awal, merupakan kunci untuk mengimbangi diagnosis diabetes. Namun, jika tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dalam darah, ini merupakan indikasi yang jelas bahwa diagnosis diabetes akan segera terjadi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement