Kamis 09 Feb 2023 19:16 WIB

Tidak Semua Anak Korban Kekerasan Seksual Berani Ngomong, Bagaimana Mendeteksinya?

Ada beberapa petunjuk yang dapat ditangkap orang tua anak korban kekerasan seksual.

Remaja menyendiri sambil bersandar di dinding (Ilustrasi). Remaja yang menjadi korban kekerasan seksual dapat terpikir untuk bunuh diri. Orang tua perlu mencermati perubahan sikap dan perilaku anaknya sebab tidak semua korban kekerasan seksual mau mengaku.
Foto:

Korban kekerasan seksual di usia remaja juga empat kali lebih mungkin mengalami perilaku atau upaya bunuh diri. Lebih lanjut, mereka pun empat kali lebih besar berisiko melakukan hubungan seksual sebelum usia 15 tahun serta 4,5 kali lebih mungkin mengalami depresi.

"Dampaknya saat anak mengalami kejadian dan ke depannya anak juga berisiko alami permasalahan," kata Eva.

Dampak ini, menurut Eva, tergantung juga pada sejumlah faktor. Usia anak saat mengalami kekerasan, frekuensi mengalami kekerasan, dan derajat beratnya kekerasan yang dialami termasuk di antaranya.

Selain itu, hubungan anak dengan pelaku juga berpengaruh. Apabila pelaku adalah orang terdekatnya, maka itu bisa meningkatkan rasa cemas dan memengaruhi kepribadian serta kondisi sosial dan emosional anak.

"Namun, ada faktor protektif seperti dukungan keluarga dan teman sebaya yang bisa mengurangi dampak-dampak itu," ujar Eva.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement