Jumat 10 Feb 2023 04:00 WIB

Gejala Parah Fatty Liver Disease Bisa Muncul Saat Jam Makan Tiba, Apa yang Terasa?

Gejala perlemakan hati baru terasa signifikan ketika sudah menjadi parah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Makan sayuran (ilustrasi). Perlemakan hati dapat meningkatkan risiko gagal hati dan kanker hati. Kondisi ini bisa memunculkan gejala yang mengganggu pola makan sehari-hari.
Foto:

Mewaspadai Gejala Sirosis

Selain kesulitan makan, sirosis juga dapat memunculkan beberapa gejala lain yang patut diwaspadai. Gejala tersebut adalah merasa sangat lelah dan lemah, mengalami penurunan berat badan dan massa otot, serta muncul bercak merah pada telapak tangan, serta muncul pembuluh darah yang bentuknya menyerupai laba-laba pada kulit atau spider angiomas pada area lengan di atas pergelangan tangan.

Penyakit sirosis yang semakin memburuk bisa memunculkan gejala yang lebih berat. Beberapa di antaranya adalah kulit dan area putih mata menjadi kekuningan, kulit gatal, muntah darah, urine gelap, feses atau kotoran berwarna seperti aspal, mudah berdarah atau memar, kaki atau perut bengkak akibat penumpukan cairan, serta penurunan gairah seksual.

Orang-orang yang mengalami gejala sirosis atau penyakit perlemakan hati sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin cepat penyakit ini ditangani, akan semakin baik untuk penderita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement