Kamis 02 Feb 2023 13:29 WIB

Bayi di Idaho Lahir Sambil Menggenggam KB Spiral Ibunya, Kok Bisa?

Video seorang ibu memperlihatkan bayinya menggenggam KB spiral viral di TikTok.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Di video TikTok, seorang ibu bernama Violet Quick asal Idaho, AS, memperlihatkan bayinya yang baru lahir menggenggam IUD.
Foto:

IUD adalah alat kontrasepsi perempuan yang paling efektif di pasaran, dengan tingkat keberhasilan 99 persen dalam mencegah kehamilan. Namun, jika IUD terlepas dari tempatnya, risiko kehamilan meningkat drastis. Jika tidak dapat merasakan senar IUD, segera hubungi dokter untuk menjadwalkan pemeriksaan USG.

Selain Violet, kasus sama juga terjadi pada seorang ibu di Vietnam, yang mendapat kejutan ketika bayinya keluar dari rahim sambil mencengkeram IUD. Dokter kandungan Tran Viet Phuong yang menangani persalinan itu mengatakan alat itu keluar saat bayi lahir.

"Setelah melahirkan, saya pikir dia (si bayi) memegang alat kontrasepsi itu menarik, jadi saya memotretnya. Saya tidak pernah berpikir itu akan menerima begitu banyak perhatian," kata Phuong, dikutip dari laman The Sun, Kamis (2/2/2023).

Pada 2017, sebuah foto bayi memegang IUD juga viral di Instagram. Sang bunda mengaku alat kontrasepsi merek Mirena yang dipakainya ditemukan di belakang plasenta.

Foto itu terus beredar hingga kini anaknya telah berusia lima tahun. Menurut dr Sophia Yen, pendiri perusahaan pengiriman alat kontrasepsi, foto seperti itu sudah diedit.

"Nggak mungkin bayi lahir memegang IUD karena janin tumbuh di dalam kantong ketuban dan IUD tidak bisa masuk ke dalamnya," jelas dr Yen dalam wawancara melalui surel dengan AP pada tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement