Jumat 03 Feb 2023 05:00 WIB

Serangan Jantung Makin Banyak Dialami Orang di Bawah 40 Tahun, Kenali Gejalanya

Obesitas dan tekanan darah tinggi picu peningkatan kasus serangan jantung usia muda.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri dada (ilustrasi). Nyeri dada merupakan salah satu gejala serangan jantung. Penderita serangan jantung di bawah usia 40 tahun terus meningkat.
Foto:

Laxmi menyoroti pentingnya mengenali tanda-tanda serangan jantung yang paling tersamar supaya bisa mendapat perawatan segera yang menyelamatkan jiwa. Dia merekomendasikan kaum muda untuk mengunjungi dokter umum setiap tahun untuk memonitor kesehatan.

"Dokter Anda akan menyaring tanda-tanda peringatan seperti tekanan darah tinggi dan melakukan pemeriksaan darah untuk melacak kolesterol, sehingga setiap perubahan dari waktu ke waktu dapat diketahui," ungkapnya, dikutip dari laman The Sun, Kamis (2/2/2023).

photo
Tujuh langkah jaga kesehatan jantung. - (Republika)

Menurut Laxmi, ada gejala umum dari serangan jantung. Seseorang bisa merasakan sensasi tekanan di dada dan sesak. Bisa juga muncul nyeri atau ketidaknyamanan di bagian tengah dada yang berlangsung selama beberapa menit dan terkadang menjalar ke bahu, leher, lengan, atau rahang.

Tanda lain ialah nyeri dada yang meningkat intensitasnya atau tidak berkurang dengan istirahat, nyeri dada saat berkeringat, pingsan atau pusing, serta gangguan pencernaan seperti mual atau muntah. Penderita bisa juga merasakan kelelahan tanpa sebab, kulit dingin dan lembap, serta pucat.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement